Plugin WordPress Untuk Membuat Page Builder yang Menarik
February 24, 2016
Cms
Platform Blog atau Blogware Terbaik
February 25, 2016

[Video] Cara Verifikasi Google Webmaster Tools dan Membuat Sitemap Blog WordPress

Google Webmaster tools

Google memberikan fasilitas yang sangat baik untuk memudahkan web atau blog kita terindex yakni Google Webmaster Tools (GWT) dan kita hanya perlu verifikasi sebagai keabsahan atas kepemilikan blog yang kita miliki. Selain itu, fasilitas sitmap.xml adalah salah satu yang menjadi perhatian mesin pencari terbesar ini, sehingga di GWT disediakan fasilitas ini yang proses pembuatannya cukup mudah.

Bagi pemilik blog yang berharap untuk mendapat visitor dari search engine, melengkapi ritual ini termasuk yang dianjurkan. Walaupun saya pernah membuat sebuah blog yang tidak didaftarkan sama sekali namun dalam waktu beberapa hari kemudian, indexingnya muncul juga. Namun begitu, fasilitas ini tidak ada salahnya kita gunakan. Sama-sama memberi kemudahan. ;))

Cara Verifikasi Google Webmaster

Dalam video di bawah ini saya memberikan contoh verifikasi google dengan menggunakan download dan upload code dari google langsung ke cpanel yang saya miliki. Keuntungannya bagi saya adalah selain supaya rajin membuka cpanel dan sekaligus memeriksa beberapa statistik atau indikator yang ada, juga saya termasuk orang yang suka ganti template. Dengan cara ini kemungkinan hilangnya kode yang ditempelkan di themes tidak akan terjadi karena kode ini akan tersimpan rapi di Cpanel Hosting. Demikian pula jika hosting saya berpindah perusahaan, maka otomatis selalu saya bawa dengan sendirinya.

Berikut adalah videonya :

Cara Membuat Sitemap

Bersamaan dengan verifikasi dari Google, saya suka langsung menyempatkan membuat sitemap. Biasanya saya buat setelah blog terisi beberapa artikel. Banyak yang memberikan pendapat paling tidak sudah terisi 2 artikel, sudah selayaknya untuk verifikasi google dan generate sitemap.xml.

Sitemap itu sendiri saya coba pilah menjadi 2 :

  • Pertama untuk mesin pencari berupa sitemap xml. Saya suka menggunakan plugin sitemap generator dimana settingnya cukup mudah demikian pula proses membuat generate sitemapnya hanya 1 kali klik.
  • Kedua adalah sitemap untuk pengunjung. Dulu saya sering menggunakan Dagon Sitemap Generator untuk WordPress, dimana seluruh artikel akan dikelompokkan dalam sebuah halaman. Kita hanya setting dan mengetikkan shortcode ke dalam halaman (page) yang kita buat. Namun kali ini, walaupun prosesnya sama, saya mencoba menggunakan plugin HTML Page Sitemap. Adapun hasilnya bisa dilihat di halaman sitemap.

Ilustrasinya sebagaimana gambar di bawah ini :

Sitemap xml

Sedangkan untuk membuat sitemap untuk web prosesnya sebagai berikut :

  • Download HTML Page Sitemap, kemudian upload di plugin–> add new plugin –> klik instal
  • Kemudian, buat halam page dengan nama Sitemap, misalnya. Kemudian copy paste code di bawah dan klik publish jika sudah kelar.
    [html_sitemap]
  • Cek halaman tersebut. Adapun hasilnya akan seperti  halaman sitemap yang sudah terpasang.

Semoga berhasil ya Cara Verifikasi Google Webmaster Tool dan Membuat Sitemap, mohon maaf jika ada kekurangan. Happy blogging!!!

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *