Pengantar SEO
Pengantar SEO – Search Engine Optimization
February 28, 2016
Powerpoint
Cara Menampilkan Power Point di Artikel Blog WordPress
February 29, 2016

Cara Membuat Konten Blog Yang Menarik

easely

“Jangan khawatir kita tidak bisa membuat konten yang menarik, banyak jalan menuju Roma, cara yang unik sangat melimpah karena bantuan tekhnologi”, kurang lebihnya seperti itu jika saya sarikan, pendapat dari seorang suhu internet ketika awal ngeblog. Pendapat itu sangat benar adanya setelah hampir 7 tahun berkecimpung di dunia blogging dan internet marketing bahwa kehadiran perangkat maya yang canggih membantu kita membuat sebuah konten yang unik dan menarik.

Pernahkan teman-teman berfikir jika yang tidak bisa berbahasa asing akan dianggap fasih jika kita menerbitkan artikel berbahasa asing, misalnya. Kita bisa menerbitkannya asal ada kemauan dan keberanian saja. Bagi saya ini adalah sedang memasuki era yang menarik. Para pengembang komputer dan internet sedang berlomba untuk memberikan layanan yang multi service termasuk menyediakan sarana translate bahasa bagi mereka yang gagap menggunakan bahasa Asing. Kawan saya menambahkan, “jangan mampet untuk menumpahkan ide-ide segar yang siapa tahu justru apa yang ada dalam pikiran cocoknya bagi orang asing”.

Kembali ke topik tulisan ini, kebetulan sehabis mengunjungi para blogger dan saya menangkap bahwa saat ini adalah era dimana memaksimalkan konten unik dan menarik adalah yang utama supaya visitor datang dan betah berlama-lama di blog yang kita bangun.

Berikut adalah sedikit tips atau cara membuat konten blog yang menarik

Pada dasarnya konten yang ada di internet ada 3 jenis, yakni tulisan, gambar dan video. Ketiganya bisa dimaksimalkan baik masing-masing atau secara sendiri-sendiri atau digabung ketiganya. Disinilah letak ide dan kreasi serta kemampuan yang dimiliki kawan-kawan. Jika titik berat ada pada tulisan tentunya yang ditonjolkan ada tulisan. Pun demikian dengan gambar atau video.

Tulisan

Informasi yang berharga atau tulisan yang menarik diawali dari ide brilian yang ada dalam pikiran kita lantas ditumpahkan ke dalam tulisan. Ini adalah yang paling mahal. Namun begitu ide tidak akan menarik jika pengemasannya tidak menarik atau gaya memaparkannya yang kurang baik. Cara ini sangat mudah terlebih di blog. Ungkapkan saja ide dalam tulisan spontan dan bergaya berbincang-bincang. Jangan khawatir keliru karena yang diperlukan adalah pesan yang sampai kepada pembaca. Jangan khawatir dengan lemahnya perbendaharaan kata, karena justru pesan akan lebih sampai jika menggunakan bahasa yang cenderung dialogis.

Salah satu blog menyarankan, dalam mengemas tulisan terutama yang berbau tutorial, ditulis dengan huruf yang agak besar dengan spasi yang jarang. Buat kalimat yang tidak panjang-panjang namun pendek-pendek, akan lebih sampai dan tidak membosankan pembaca. Bener juga sih saya merasakannya. Makanya setahap-demi setahap blog ini juga terus berbenah dari sisi isi maupun kemasannya.

Bagi yang memiliki ide untuk masyarakat yang menggunakan bahasa Inggeris, jangan pula khawatir sebagaimana yang sudah saya sampaikan di atas. Jika memiliki teman yang jago bahasa Inggeris mungkin lebih baik, kita bisa meminta bantuan teman tersebut untuk awal-awal. Jika anda memiliki dana, penerjemah bertebaran di dunia maya. Namun jika anda sedikit menguasai grammar, di internet ada translator elektronik yang memungkinkan untuk menerjemahkan yang tidak terbatas. Baik berbayar maupun gratis.

Gambar

Menyisipkan gambar atau foto, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah konten. Atau mungkin dibalik, gambar menjadi sebuah kekuatan utama. Seperti fotografer misalnya. Atau para kartunis, desainer, arsitek, pelukis dan lain-lain, dapat menjadi konten yang menarik untuk sebuah blog. Dikemas dengan model gallery dan menyediakan slider bisa jadi akan menjadi daya tarik pengunjung.

Dalam sebuah artikel, tanpa gambar rasanya sedikit hambar. Secara umum ada beberapa gambar yang kita kenal, misalnya :

  • Foto
  • Hasil Lukisan
  • Kartun
  • Gambar Ilustrasi dan Infografis
  • dan lain-lain

Jika temen-temen punya keterbatasan dalam hal foto atau gambar untuk disisipkan di artikel, berikut adalah tips untuk memperolehnya :

  • Foto, dapat diperoleh di sebuah galeri yang menjual foto tersebut dan sangat bertebaran di dunia maya dari yang gratis sampai berbayar, dari yang murah sampai yang mahal. Misalnya adalah shutterstock.com.
  • Foto lukisan juga bisa diperoleh di situs yang sama.
  • Kartun, banyak media yang menyediakan untuk membuat secara online seperti di toon-books.com.
  • Gambar ilustrasi dan infografis bisa dengan mudah membuatnya di easel.ly.

ease-ly

 

Salah satu infografis yang diperoleh di easel.ly.

Video

Jujur saja ini juga seru untuk membuat sebuah video, dan saat ini menjadi daya tarik seiring dengan ramainya pengguna Youtube, Dailymotion, Vimeo, Vidio.Com dan lainnya. Sebagai blogger kadang kita menginginkan untuk membuat sebuah video, hanya banyak sekali perangkat yang perlu digunakan. Beruntunglah seorang videografer yang bisa membuat konten video yang menarik dan unik. Namun jika kita tidak berada di bidang itu, berikut adalah beberapa alternatif untuk membuat video :

  • Video Shooting merupakan pilihan yang menarik. Kita tidak perlu memerlukan sebuah kamera video yang mahal. Lain cerita jika seorang videografer. Dengan hanphone saat ini kita sudah bisa menjadi juru kamera sekaligus sutradara.
  • Jika model video tutorial di komputer, saat ini Camtasia Studio merupakan tool yang cukup mumpuni untuk digunakan.
  • Video presentasi kita bisa menggunakan Videoscrabe atau Powntoon. Atau juga power point yang dibuat menjadi video bisa menjadi pilihan dan dapat dijadikan sebagai sarana pemasaran di internet.
  • Jika Animasi, ah ini saya bukan ahlinya sih. Konon dengan Adobe After Effect para mastah kerap membuat animasi yang memukau, atau juga saya melihat seseorang menggunakan Blender untuk menggunakan ilustrasi yang 3 dimensi.
  • Bagi yang kesulitan membuatnya namun membutuhkan video seperti untuk intro misalnya, kita bisa memperolehnya dengan mudah dan murah di templates.introchamp.com.
  • Untuk memperoleh sound effect, kita bisa mendapatkannya baik yang gratis maupun berbayar seperti di freeSFX.co.uk yang memiliki ribuan koleksi sound yang unik, lengkap dan menarik.

 

Video ini dibuat sendiri dengan menggunakan Camtasia Studio 8

Intinya untuk membuat konten yang menarik, kreatifitas kita ditantang untuk membuatnya karena baik di dunia offline maupun online, fasilitas untuk membuatnya sekarang ini sudah cukup canggih dan sangat mumpuni.  Yuk, kita berkreasi! 🙂

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *