Flash Back Recorder
[Video] Review Flash Back Recorder Versi Gratis untuk Screen Video
February 27, 2016
Pengantar SEO
Pengantar SEO – Search Engine Optimization
February 28, 2016

Inilah Alasan Kenapa Dari Blog Bisa Menghasilkan Uang

blog bisnis

Kamu Blogger ? Bisa menghasilkan uang dari blog ? Gimana caranya ?

Pertanyaan itu beberapa kali sering mendarat di telinga saya. Mungkin kepada teman lain yang blogger juga banyak mendapat pertanyaan serupa, karena banyak yang tidak percaya bahwa ada seseorang yang full time blogger. Mereka tidak yakin hidup berjam-jam hanya di depan komputer lantas rekening banknya terisi.

Lumrah memang. Blogger bekerja hanya berbekal 1 buah komputer dan hanya berhadapan dengan layarnya. Berhubungan dengan orang atau klien ssangat jarang bertatap muka. Bahkan seorang yang memanfaatkan blog sebagai bisnisnya konon pernah dalam 3 hari berturut-turut tidak bertemu dengan matahari. Ini kejadian. Dan jika diambil sebuah makna yang tersirat bahwa kegigihan dalam membangun blog adalah sebuah “kepenasaranan” bagi kawan yang satu ini sehingga pernghasilannya bisa berlipat ganda.

Yang sudah pasti didengar oleh mereka adalah blog jelas menghabiskan uang. Setidaknya untuk biaya internet. Blog perlu biaya untuk membuat dan membangunnya. Disamping perlu asupan energi untuk menggerakan jari di depan komputer.

 

Logikanya sih sederhana juga, “Jika kita mengeluarkan uang dari blog, maka blog juga bisa menghasilkan”. Contohnya, jika seorang blogger membeli sebuah plugin, maka plugin tersebut sudah pasti dibuat oleh seorang blogger. Karena jika bukan blogger bagaimana bisa dia membuat sebuah plugin.

Itu adalah alasan dasar bagi saya.

Alasan lainnya kalau blog bisa menghasilkan uang adalah seperti ini.

  • Search engine sebenarnya yang memiliki peran sentral di sini. Mereka bisa mengantarkan orang ke sebuah blog yang biasa disebut visitor lantas mendapat manfaat berupa informasi dari artkel yang ditulis blogger, foto maupun video. Jika yang diantarkan oleh mesin pencari itu banyak, otomatis akan ada kerumunan massa di blog tersebut. Dan ini adalah sebuah peluang bagi pemilik blog dan pemilik produk untuk menawarkan sesuatu. Bisa berupa barang maupun jasa pemilik blog, bisa juga iklan milik pihak ketiga.
  • Media sosial juga tidak kalah penting mengantarkan pengunjung ke blog. Facebook dan Twitter yang lebih dulu populer dan banyak penggunanya, mereka kerap menerima informasi blog yang menarik. Lantas mereka mengunjunginya bahkan tidak sedikit yang ikut menyebarkannya ke pengguna medsos lainnya secar viral. Sebaran inilah yang memperkaya blog akan visitor. Lagi-lagi banyak kerumunan di sini. Ibarat peribahasa, “ada gula, ada semut”, pebisnis berduyun-duyun pula untuk melibatkan pada keramaian dengan harapan produknya dilirik, diingat, dan ujungnya digunakan oleh masyarakat luas.
  • Siapa yang nyangka link-link yang dimiliki blogger tidak berharga. Ini kembali ke alasan pertama, karena search engine yang memberikan syarat rekomendasi link dari situs yang dipercaya. Blogger yang memiliki blog yang baik, menarik dan memiliki peringkat yang baik juga di mata mesin pencari akan diakui sebagai blog yang memiliki otoritas yang baik pula. Linknya cukup berharga. Sehingga link ini yang berani dibayar oleh para pemilik situs atau blog lainnya untuk sama-sama mendapatkan “virus” rangking yang oke di mata search engine.
  • Perusahaan-perusahaan besar dan kecil, kini mulai melirik blogger menjadi partner. Tulisan blogger yang natural adalah salah satu alasan supaya produknya bisa diceritakan oleh blogger dalam sebuah preview atau review, yang berujung supaya produknya bisa melekat dan dikenal lebih jauh oleh pengguna internet. Seiring dengan perkembangan, dan sebaran jaringan internet yang semakin merata di negeri ini, maka pemasaran melalui internet kini seakan menjadi kewajiban perusahaan dan blogger adalah salah satu yang dilirik. Oh ya … mereka pandai meramu kata dan tidak sedikit yang jago SEO sehingga blognya kerap bertengger di halaman pertama mesin pencari. Siapa yang mau menampikkan peran blogger untuk perkembangan usahanya ?
  • Banyak blogger yang sudah melirik dan berkecimpung di dunia internet marketing. Sebuah dunia yang memerlukan perhatian khusus dan tidak melulu dalam bentuk blog sebagai senjata. Pengalaman menjadi blogger banyak yang mengembangkan dirinya sebagai orang yang pandai dalam memanfaatkan peluang yang terjadi dalam hiruk-pikuk dunia maya. Mereka banyak yang mengenalkan sebagai publisher, affiliater, dan banyak lagi. Perputaran uang di area sini, entah berapa. Blogger yang sukses menjadi internet marketer ada yang menghasilkan sampai 1 milyar sebulan. Fantastis.

Masih banyak alasan lainnya kalau blog bisa menghasilkan uang, hanya saja saya baru bisa mencatatnya sebagaimana poin-poin di atas.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *