Persiapan Membuat Blog
3 Langkah Persiapan Sebelum Membuat Blog
February 20, 2016

[Video] Cara Posting Artikel di Blog yang Berbasis WordPress

wordpress plugin

Langkah selanjutnya setelah setting blog dan install plugin adalah posting artikel, dimana wordpress memberikan kemudahan terlebih jika kita kerap menggunakan ms word untuk membuat sebuah artikel atau tulisan.

Dulu, saya kerap menulis terlebih dahulu di msword untuk membuat draft, lantas saya copy paste ke dashboard. Namun ternyata dapat teguran karena kode yang dihasilkan sangat tidak karu-karuan bentuknya. Lantas disarankan jika akan membuat draft bisa langsung di dashboard atau di sebuah notpad yang netral dari gangguan beragam kode.

Jika dilakukan secara online alias langsung di dashboard, pada dasarnya tidak ada masalah jika tidak sekaligus untuk menulis artikel karena ada fasilitas draft yang bisa digunakan untuk menyimpan sementara. Fasilitas ini bagi beberapa blogger yang saya kenal kerap digunakan pula sebagai penampung ide tulisan, lantas jika lengkap baru dipublikasi.

Hal yang disarankan ketika menulis atau posting artikel di blog

  • Di sisi lain, membuat artikel di blog banyak seninya. Jika kawan-kawan menginginkan bersahabat dengan search engine, maka beberapa hal yang perlu dilakukan adalah :
  • Membuat Judul yang mengandung kata kunci
  • Permalink yang mengandung keyword
  • Menyisipkan sub judul.
  • Menyisipkan gambar yang memiliki atribut alt dan baiknya relevan dengan artikel.
  • Terdapat link internal dan eksternal.
  • Dikelompokkan pada kategori yang relevan.
  • Baiknya ada “skenario” untuk memformat tampilan di search engine seperti halnya menggunakan plugin All in One Seo Pack.
  • Panjang tulisan sebisa mungkin di atas 300 kata, bahkan banyak para pakar SEO yang menyarankan sampai 1000 kata.
  • Huruf tidak trerlalu kecil dan tidak terlalu besar, namun cukup terbaca oleh semua kalangan karena bagi yang berumur seperti saya, huruf yang terlalu kecil sungguh menyiksa :))

Lebih lengkapnya bisa dilihat pada Video di bawah ini

Dalam video tersebut ada yang tidak ditayangkan anjuran untuk memberikan link ke web luar. Dalam memberikan link ini upayakan yang relevan. Logikanya kita memberikan sebuah referensi sebagai bahan informasi lanjutan atau bahkan sebagai sumber ide tulisan. Hal ini konon baik di mata mesin pencari.

Demikian sedikit informasi yang merupakan kebiasaan saya menulis atau posting artikel di blog yang berbasis wordpress, jika ada kekurangan atau tambahan, mohon disampaikan di kolom komentar atau media lainnya.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *