Mengenal Media Sosial
Mengenal Media Sosial
February 21, 2016
Memilih Topik Blog
Memilih Topik Yang Bagus untuk Sukses dalam Blogging
February 22, 2016

Setting Permalink WordPress dan Masalah Error 404

wordpress plugin

Setting Permalink pada blog wordpress termasuk salah satu yang sangat penting dalam membentuk sebuah blog yang SEO friendly karena kita bisa menyisipkan kata kunci pada ulr post atau page yang kita atur. Ada beberapa pilihan yang harus kita kenal sebelumnya sebelum menentukannya karena sebaiknya ini “patent” sepanjang blog atau web terus berjalan.

Blogger dan webmaster memiliki pendapat yang berbeda dalam menentukan link yang menuju ke post dan page atau sebagai jalan untuk menuju artikel yang terpublis ini. Perbedaan ini karena mungkin sejalan dengan berbagai pengalaman yang mereka lalui atau berdasarkan keinginan pihak ketiga supaya lebih bersahabat seperti dari mesin pencari tadi.

Artikel ini melengkapi tentang Setting Blog WordPress.

Berikut adalah pilihan permalink yang diberikan oleh WordPress :

 

 

  • Plain : merupakan default, berupa huruf dan angka. Para ahli SEO tidak menyarankan menggunakan setting ini karena kurang disukai oleh search engine. Jadi kita tinggalkan saja lah ya.
  • Dan and name : pilihlah ini jika ingin memuat tanggal, bulan dan tahun serta membubuhkan tahun posting. Jadi ini termasuk komplit. Namun bagi saya kepanjangan, toh tanggal dan tahun sudah tersemat pada tanggal publikasi.
  • Month and name : ini jadi pilihan bagi yang menyukai pengelompokan bulan dan tersemat kata kunci secara auto.
  • Numeric : ini juga jadi pilihan bagi yang ingin mengelompokkan berdasarkan archive, namun seperti pada plan, kurang disukai bagi yang memiliki kepentingan dengan SEO.
  • Postname : ini lebih sederhana, dan kerap jadi pilihan karena lebih simple dan seo friendy.
  • Custom : banyak yang menyukainya karena kita leluasa untuk mengaturnya selagi wordpress juga doyan. Banyak yang memberikan setting seperti /%categories%/%postname%/. Saya sendiri sejak dulu lebih menyukai dengan mengatur : /%post_id%/%postname%/ karena selain ada ID yang dapat memperlihatkan angka yang seakan postingan banyak jika angkanya tinggi juga konon setting ini dulu menjadi syarat diterima di Google News. Dibelakangnya bisa dibubuhkan .html dsb.

Dalam kasus tertentu sebagaimana yang dulu saya alami, saya kerap menemukan :

Masalah Error 404

Kejadiannya tidak berfungsinya permalink pada halaman postingan akibat gangguan atau tidak sinkronnya setting dengan .htaccess. Halam yang kita tuju hanya menampilkan :

 

Kalau dulu saya menemukan petunjuk langsung di halaman dashboard wordpress sehingga mengharuskan mengganti antau membubuhkan kode di bawah ini pada file .htaccess di /public_html yang mau tidak mau harus mengaturnya di Cpanel.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  • Buka notepad, copy pasti kode di atas ke notepad kemudian save as dengan nama yang mudah saja, misalnya 1htaccess.txt
  • Kemudian upload di cpanel pada halaman public_html.
  • Pastikan permission code atau CMOD di posisi 777 atau rubah ke angka tiga kembar tersebut.
  • Rename dengan .htaccess jadi angka 1 diganti dengan titik (jika sebelumnya menggunakan nama 1htaccess.txt), kemudian .txtnya dihapus.
  • Coba halaman single atau refresh jika berada di halaman yang sama.
  • Jika sudah berhasil kembalikan Permission Code ke angka 644.

Atau bisa juga dengan langkah seperti ini :

  • Buka cpanel kemudian masuk ke file manager dan pastikan ada di halaman public_html
  • Kemudian klik New File, paste kode di atas
  • Save As dengan nama .htaccess , jika permission kode harus menyesuaikan ikuti langkah mengganti permission kode seperti di atas.

Semoga berhasil ya 🙂

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *