wordpress plugin
Cara Mudah Membuat Blog WordPress
February 29, 2016
Menulis di Blog
Apa yang Bisa Ditulis di Blog ?
March 1, 2016

[Video] Memahami, Install dan Cara Setting Plugin WordPress yang Penting

wordpress plugin

[Video] Memahami, Install dan Cara Setting Plugin WordPress yang Penting. Blog wordpress yang sudah dibuat sebelumnya sangat membutuhkan tampilan dan tenaga supaya visitor bisa mudah dan nyaman serta search enginepun lebih tertarik untuk meliriknya sehingga bisa menempatkannya pada halaman terbaik di mesin pencari.

WordPress yang aplikasinya digunakan pada hosting sendiri, memberikan keleluasaan kepada pengembang web untuk memasukkan unsur-unsur penting penambah tenaga, mempercepat penampilan bahkan sampai pada mempercepat loading blog. Plugin inilah yang diperlukan serta banyak dibuat oleh para developer web. Ibarat vitamin, plugi diperlukan untuk memaksimalkan web yang kita buat.

Plugin ini banyak jenisnya dan bisa jadi ribuan yang dibuat oleh mereka. Kita bisa melihatnya di kumpulan plugin WordPress yang sudah menjadi semacam “librarynya” di wordpress. Beberapa di antaranya adalaha plugin premium yang dijual di situs pihak ketiga yang menyediakan layanan tersebut.

Sebagai contoh dalam video di bawah, saya hanya menggambarkan beberapa plugin penting yang biasa saya gunakan, antara lain : All in One Seo Pack, XML Sitemap Generator, Contact Form 7 dan Page Link To.

  • All In One Seo memiliki fungsi untuk menata tampilan blog kita di mesin pencari. Kita akan menunjukkan web atau blog dengan menampilkan Judul dan Deskripsi yang kita inginkan. Selain itu juga beberapa memberikan keleluasaan ke kita untuk mengatur apa yang seharusnya ditampilkan.
  • XML Sitemap Generator fungsinya untuk menggenerate sitemap secara otomatis. Ini akan memudahkan beberapa crawl mesin pencari berselancar di blog yang kita buat.
  • Contact Form 7, adalah pembentuk kolom kontak secara auto di page yang akan memberikan layanan kolom atau isian email bagi pengunjung kepada kita sebagai admin blog. Plugin ini cukup sederhana dan kerap direkomendasikan oleh beberapa webmaster yang memang ekspert di bidang wordpress.
  • Page Link To, adalah plugin yang memberikan kolom di halaman page atau single yang akan meredirect link page yang tampil di Menu misalnya ke link tertentu baik internal maupun eksternal link.

Cara Setting Plugin WordPress Berikut Setting

Video ini lanjutan dari :

Video I tentang Membeli Domain di Name Cheap.

Video II tentang Cpanel Hosting dan Instal WordPress

Video III tentang Setting Dashboard WordPress dan Instal Themes, dan Akismet.

Dalam video di bawah ini, saya memaparkan cara saya menginstal plugin. Disampaikan 2 versi antara lain melalui dashboard dan secara borongan alias beberapa plugin saya upload langsung melalui cpanel, sebagai upaya untuk mempercepat saja.

Adapun cara settingnya hanya sebatas dengan apa yang diupload tersebut kecuali XML Generator yang memerlukan paparan tersendiri karena memerlukan waktu yang cukup lama. Mungkin akan disampaikan kelak dengan Cara Verifikasi di beberapa mesin pencari seperti Google dan Bing.

Yuk, kita lihat 🙂

Semoga bermanfaat ya kawan. Jika ada kekeliruan dan ada tambahan mohon disampaikan di komentar.

Terima kasih 🙂

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *