blogosphere
Blog, Blogging dan Blogosphere
February 22, 2016
namecheap
[Video] Cara Mudah Membeli Domain di NameCheap
February 23, 2016

Pentingnya Riset Keyword atau Kata Kunci

Riset Keyword

Banyak yang abai dengan Pentingnya Riset Keyword atau Kata Kunci karena prosedurnya yang berbelit dan alat yang digunakan selain banyak pilihan kadang membutuhkan tidak satu alat dan untuk versi premium harganya cukup mahal. Selain itu hal yang paling mendasar adalah kebiasaan menulis berdasarkan pengalaman atau cerita tentang apa yang dilihat adalah alasan untuk enggan melakukan riset.

Riset kata kunci untuk sebuah blog atau web yang lebih baik merupakan salah satu prosedur setelah menentukan topik blog atau artikel. Tujuannya untuk melihat sejauh mana topik yang akan ditulis atau dipublikasikan akan mendapat tempat yang baik serta melihat sejauh mana persaingan di search engine.

Jelas riset kata kunci adalah menguntungkan. Kita bisa melakukan berbagai hal ke depan dari hasil yang diberikan. Tidak hanya sebatas pada konten akan tetapi lebih dari itu.

 

Lebih luas lagi, riset keyword dapat mengetahu apa yang visitor inginkan dalam pencarian sehingga kita bisa memperkirakan langkah berikutnya untuk kesuksesan sebuah situs yang kita buat. Termasuk pula kita bisa menentukan dengan kemungkinan visitor yang kita bidik menjadi lebih tertarik untuk membuat sebuah web sendiri atau diserahkan kepada para penyedia layanan untuk membuat blog terlihat lebih profesional.

Beberapa Manfaat Yang Dihasilkan Setelah Riset Keyword

Sebagaimana sekilas saya sampaikan di atas, riset kata kunci memiliki dampak yang sangat luas. Bisa dikatakan tidak ada batas untuk mempergunakan hasil yang diperoleh, tergantung kita menggunakannya untuk berbagai hal yang memberi manfaat yang lebih banyak.

  • Memiliki kata kunci yang telah diperoleh setelah riset akan membuat kita selangkah lebih maju untuk mencapai kesuksesan. Kita akan senantiasa terus memiliki keyakinan bahwa kata kunci ini adalah akan memberikan hasil yang optimal jika dilakukan dengan sebaik-baiknya. Membuat blog yang bagus dan mendapat tempat di search engine lantas mendatangkan visitor adalah salah satu kemungkinan yang akan dihasilkan.
  • Konten is the king. Demikian jika kita selalu memperhatikan para blogger memperlakukan konten. Salah satu sentuhan riset untuk konten adalah kita bisa memberikan judul dan isi yang menjembatani apa yang diinginkan oleh mesin pencari dan pembaca. Dua sentuhan ini adalah sesuatu yang mengasyikan. Menempatkan kata kunci di artikel misalnya dari mulai judul, sub judul sampai pada isi akan selalu memperhatikan kepentingan kedua tersebut di atas dengan kata lain : dapat dibaca dengan mudah oleh search engine dan visitor.
  • Setelah visitor datang ke website, kita akan mengetahui lebih jauh apa yang dicari di internet sehubungan dengan topik blog yang kita rilis saat itu. Mungkin beberapa di antaranya akan memberikan feedback melalui kolom komentar atau internet sehingga kita akan lebih mengetahui orang lain menggambarkan blog, produk dan jasa yang disampaikan melalui konten yang sudah terpublikasi.
  • Hasil akhir adalah secara terus menerus, kita akan selalu mengoptimalkan dan membuat struktur web yang baik. Yang ramah terhadap mesin pencari dan mudah dikunjungi dan dibaca oleh pengunjung web. Kini bisa dilihat banyak yang mengembangkan sebuah web yang berawal dari kata kunci yang tepat sehingga mendapat tempat yang baik di search engine. Mereka memulai dengan blog otoritas, blog yang sembarang ada, toko online, sampai pada niche blog. Semua tidak terlepas dari riset baik untuk membuat blognya maupun untuk mengisi konten.

Dari point di atas kepercayaan diri akan tumbuh. Kita senantiasa akan selalu tertantang untuk terus melakukan riset sehingga akan selalu mendapatkan kata kunci yang menguntungkan baik untuk bisnis maupun untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai yang non profit. Semua dapat dilakukan dengan leluasa.

Proses Riset Keyword :

  • Tahap awal baiknya mengumpulkan atau listing kata kunci potensial yang disesuaikan dengan topik yang akan diangkat. Menaruhnya di excel adalah pilihan terbaik karena kelak untuk memudahkan memilah beberapa keyword dalam kategori yang akan dibuat.
  • Langkah kedua adalah mencoba untuk membagi volume pencarian untuk kata kunci yang berpotensi unggul di mesin pencari dan diminati banyak orang.
  • Bukalah mesin pencari, lantas lihat rangking data dan tingkat persaingan yang ada.
  • Mengelompokkan kata kunci pilihan dan mengaturnya berdasarkan urutan rangking.
  • Menyimpulkan kata kunci utama, dan menempatkan kata kunci pada konten serta kita mulai dengan kegiatan mengoptimisasi search engine atau SEO.

Kelak tahap ini akan kita perjelas sambil mempraktekannya dalam sebuah Report Project Reseach Keyword.

  • Dari bagian langkah di atas, kita sudah dapat melihat tanda dai keyword yang akan memberikan manfaat yang lebih bagi blog kita, antara lain :
  • Kemungkinan jumlah traffic yang bagus dengan membawa pengunjung yang tertarget.
  • Harapan akan ramai dengan iklan
  • Berhubungan erat dengan web yang akan dibuat
  • Unggul dalam kompetisi

Beberapa Jenis Keyword

Jenis keyword berdasarkan harga sebuah iklan di google adsense :

  • High Paying Keyword, mahal harganya, banyak dibidik oleh pelaku adsense yang sudah expert. Persaingan cukup kuat di area ini. Contohnya : Mesothelioma Law Firm. Donate Car to Charity California, dsb. harganya konon bisa mencapat 100 USD lebih.
  • Low Paying Keyword. Saya dulu pernah punya blog informasi lowongan kerja. Harga per kliknya hanya Rp 100 – Rp 250 per klik.

Jenis keyword berdasarkan karakteristik transaksi :

  • Informational Keyword, untuk pengguna yang hanya memberikan informasi, seperti : pemilik PT Maju Mapan, Jl. Soekarno Surabaya, Bahan Pembuat Bola Sepak, dsb.
  • Transactional Keyword, merupakan kata kunci yang dibidik dimana visitor akan melakukan transaksi atau aksi jika mendapatkan web yang tepat dari hasil pencariannya , contohnya : review Xiaomi Redmi 3, Jual Bola Sepak Terbaik, Beli Ajimat Pemikat Sukma, dsb.

Jenis keyword berdasarkan panjang pendeknya kata :

  1. Kepala Keyword, hanya satu kata. Misalnya : gedung. Sangat luas alias tidak spesifik. Biasanya volume penelusuran sangat tinggi di mesin pencari.
  2. Body, termasuk tertarget, jumlahya 2 kata dan mencerminkan sebuah jenis tertentu dari kata pertama. Misalnya : Gedung Pernikahan. Namun dirasa masih cukup luas.
  3. Long Tail (keyword panjang), biasanya 3 kata atau lebih, dan lebih spesifik dengan volume penelusuran lebih sedikit dan lebih tertarget. Misalnya : Genung Pernikahan di Kota Ciamis, Harga Sewa Gedung Pernikahan di Ciamis, atau gabungan dengan transaksional keyword seperti : Tempat Menjual Xiaomi Redmi 3 yang murah.

Menentukan keyword atau kata kunci yang tepat memerlukan beberapa alat atau tools untuk riset. Kelak akan dibahas beberapa alat tersebut baik yang gratis maupun yang berbayar sambil praktek langkah-langkah yang sudah diuraikan di blog ini.

Share This:

2 Comments

  1. Pedi says:

    Makasih,,, infonya min..

  2. monda says:

    catat info ini
    trims kang

    ————

    Iya Bun, sama-sama … terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *