wordpress plugin
Setting Permalink WordPress dan Masalah Error 404
February 21, 2016
blogosphere
Blog, Blogging dan Blogosphere
February 22, 2016

Memilih Topik Yang Bagus untuk Sukses dalam Blogging

Memilih Topik Blog

Banyak jalan menuju sukses tak terkecuali dalam blogging. Pemilihan topik menjadi yang krusial untuk menuju keberhasilan. Memang relatif, tapi secara umum tingkatnya ada pada kepuasan, untuk pribadi maupun pengunjung.

Bagi pribadi, visitor yang melimpah dan puasnya pembaca dengan membubuhkan komentar yang positif memiliki arti tersendiri. Tidak melulu keberhasilan dari uang yang diperoleh. Sedangkan bagi pengunjung, masalah terselesaikan, terhibur serta mendapat informasi yang akurat merupakan kepuasan bagi mereka. Tidak ada sesal ketika mengunjunginya bahkan memberikan apresiasi yang lebih bagi sang admin.

Cara memilih topik blog

Saya suka sekali pada mereka yang menulis di blog berdasarkan pengalaman mereka, menceritakan hobby dan informasi tentang keberhasilan yang mereka kerjakan. Tips-tips bagi khalayak ramai tentang melakukan sesuatu berdasarkan kegemaran dan keahlian yang meraka punya, memiliki nilai tersendiri.

Bagi seorang pelaku usaha, memberikan informasi produk dan kelebihan serta keuntungan bagi konsumen mungkin memiliki daya tarik tersendiri. Demikian para blogger review tidak sedikit yang menceritakan kehebatan sebuah produk setelah mereka mencobanya. Kadang dengan sukarela para blogger memberikan tulisannya yang menarik untuk produk-produk yang mereka gunakan.

Bagaimana dengan para pebisnis online atau internet marketer yang tidak memiliki produk namun menginginkan ikut melakukan penjualan ?

Bisnis affiliasi adalah pilihannya.

Banyak produk yang menarik dan dapat sambutan dari masyarakat luas yang bisa ditawarkan melalui blog-blog yang dimiliki. Dari amazon, ebay, dan perusahaan lainnya bisa menjadi pilihan topik yang menguntungkan. Banyak dari sekian pebisnis online yang membidik produk yang mereka sukai atau satu kebutuhan yang sama sehingga mudah menceritakannya. Namun tidak sedikit pula mereka yang memancing dengan produk-produk best seller daro toko online tersebut.

Bagaimana dengan blog campuran ?

Tidak masalah. Blog ditulis menurut kehendak blogger. Blog campuran malah kerap mendapat sambutan yang baik. Apapun menjadi perhatian mereka dan menulis berdasarkan penglihatan, pengamatan dan pengalaman. Mereka menampilkan tulisan dengan apik disertai dengan gambar-gambar yang menarik. Tidak sedikit pula kini dengan menayangkan video untuk sebuah pembuktian dari apa yang ditulisnya.

Kelebihan blogger adalah dapat mengemas satu bahan tulisan menjadi kaya karena digabung dengan apa yang seharusnya dengan pengalaman yang diperoleh.

Riset

Tidak kehilangan akal bagi para blogger untuk memperoleh ide. Selain dari lingkungan sekitar, di dunia internet serta bahasan-bahasan yang sedang trend kerap menjadi incaran untuk dijadikan konten. Lantas mereka mengolah dijadikan opini yang diperkuat oleh referensi yang kelak dibubuhkan dengan link-link untuk sehingga pengunjung menjadi kaya akan informasi.

Untuk mendapat visitor yang melimpah, mereka melakukan riset kata kunci atau keyword yang disesuaikan dengan apa yang menjadi bidikan para pengguna internet melalui mesin pencari.

Gaya Penulisan

Inilah kehebatan blogger. Mereka menulis dengan gaya yang dimilikinya. Tidak dibentuk oleh pakem-pakem media yang memiliki pola atau aturan. Blogger bebas menulis dengan style yang dimilikinya, acap terlihat seperti obrolan. Pengemasan topik yang lagi booming melalui gaya yang cenderung lebih membumi inilah yang menjadi daya tarik beberapa pebisnis untuk membidik blogger melakukan kerjasama dalam ulasan produk dan jasa maupun perusahaan itu sendiri.

Blogger memiliki kekuatan jaringan, baik yang setopik maupun tidak. Mereka saling berhubungan sehingga tidak sedikit membentuk sebuah komunitas yang memiliki kepentingan yang sama. Dari komunitas ini kadang muncul sebuah ide-ide topik dan tulisan, bahkan tidak sedikit tawaran kerja sama melalui komunitas. Para anggota menerima pekerjaan itu lantas menumpahkannya di blog, sesuai dengan gaya masing-masing blogger.

Menentukan topik yang menarik memang tidak mudah jika kita awalnya hanya memiliki blog untuk sekedar memiliki. Namun jika anda punya bahan yang menarik untuk ditulis di blog, maka lakukanlah dengan segera, dan kelak akan ada sensasi tersendiri. Sukses blog karena topik yang menarik dengan bahasan yang mendalam serta tidak hanya memberikan informasi namun juga solusi.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *