wordpress plugin
[Video] Cara Posting Artikel di Blog yang Berbasis WordPress
February 10, 2016
memilih domain
Domain dan Hosting untuk Blog dan Bisnis Online
February 20, 2016

3 Langkah Persiapan Sebelum Membuat Blog

Persiapan Membuat Blog

Selamat saya sampaikan jika temen-temen sangat tertarik memiliki blog. Blogging merupakan kegiatan yang luar biasa yang memiliki pengaruh dalam kegiatan sehari-hari. Tidak sedikit yang tergila-gila sama kegiatan ini sampai lupa pada kegiatan pokok baik di rumah maupun pekerjaan utamanya. Dan cukup banyak pula teman-teman saya yang meninggalkan pekerjaannya karena sangat tertarik dan “bermetamorfosis” dari kegiatan utak atik blog.

Beberapa tahun yang lalu, salah satu blogger dalam sebuah kontes yang saya adakan mengatakan kalau blogger adalah candu. Tidak salah memang. Saya adalah salah satu “korban” kecanduan itu. Saya kerap mendapat teguran karena lalai dalam pekerjaan utama, lupa dan sering keliru ketika melakukan pekerjaan karena pikiran menjadi tidak fokus. Alhasil kini blogging menjadi satu-satunya kegiatan dan fokus mengelola blog dan web marketing. Blogging sudah menjadi menjadi kegiatan sehari-hari saya dan menjadi satu-satunya mata pencaharian saat ini.

Tulisan ini tidak sama sekali ingin mempengaruhi bahkan menakut-nakuti kalau blog adalah sesuatu yang akan menghadang kegiatan temen-temen bahkan akan menyingkirkan kegiatan lain. Tentu tidak. Beberapa orang menjadikan blog betul-betul sebagai media hobby, media untuk memasarkan produk dan jasa mereka, personal branding serta memperluas untuk pergaulan, karena blog bisa menjangkau pertemanan dari seluruh penjuru dunia. Karena blogging saya punya teman dari India, Malaysia bahkan Amerika. Kawan saya berteman baik bahkan beberapa waktu lalu melakukan kerja sama bisnis affiliasi dengan blogger yang tinggal di Jerman, sesama penggiat internet marketing.

Lantas bagaimana kita berhasil dalam blogging ?

Ukuran keberhasilan sangat relatif. Tergantung dari apa yang ingin diraih. Sebagai media di dunia internet, blogging sebetulnya hanya sebatas sarana. Tujuan tergantung kita yang menentukan. Saya sendiri di blog ini hanya sebatas media untuk memberikan informasi kalau saya memiliki Team Internet Marketing dan blog ini menjadi media untuk memberikan informasi apa yang Team kami lakukan sehari-hari.

Namun, ada beberapa hal yang baiknya dipikirkan sebelum melakukan aktifitas blogging :

  • Pertama adalah menetapkan tujuan. Sebagai hobby dan memperluas pergaulan, sangat berbeda memperlakukannya dengan membuat blog untuk bisnis. Sebagai sarana blog akan manut pada si empunya.
  • Kedua adalah melihat sejauhmana kita akan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan aktifitas ini. Tentukan waktu yang baik, karena banyak yang memiliki waktu yang sempit namun kelak akan mendapat beragam “PR” akibat dari munculnya semacam kewajiban dalam blogging, terutama mengisi konten.
  • Ketiga adalah memahami perangkat blog, dan mengenalnya terlebih dahulu dengan cara berselancar sesuai dengan jenis blog yang ingin teman-teman buat. Walau sebelumnya tidak bisa membedakan, pada dasarnya sangat mudah. Ikuti saja blog-blog yang memberikan beberapa tips blogging maka kita akan terbuka dan memilih blog yang akan kita gunakan sesuai kebutuhan. Atau teman-teman bisa mengangkat seorang tutor yang berpengalaman supaya blog yang dibuat lebih terarah.

Yang saya rasakan saat ini adalah, membuat blog adalah lebih mudah daripada memeliharanya. Mengisi konten, blog walking serta hal lain yang berhubungan dengan aktifitas di area blogosphere kerap terlewatkan. Blogging bukan hanya mengisi konten lagi akan tetapi sudah memiliki dunia tersendiri. Beberapa perkumpulan atau komunitas blog adalah salah satu daya tarik yang membuat kita betah di dalamnya.

Disiplin berlaku dalam blogging. Bagi saya ini adalah yang paling penting namun susah untuk dilakukan. Tidak memiliki waktu yang pasti adalah penyebab utama. Namun bagi yang benar-benar memegang teguh, memiliki rencana dan aksi yang baik, maka tujuan memiliki blog insya Allah akan tercapai dan blogging mengantarkan keberhasilan.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *