memilih domain
Domain dan Hosting untuk Blog dan Bisnis Online
February 20, 2016
wordpress plugin
Setting Permalink WordPress dan Masalah Error 404
February 21, 2016

Mengenal Media Sosial

Mengenal Media Sosial

Salah satu penyebab hiruk pikuk di internet adalah perkembangan media sosial dan tumbuhnya pengguna yang terintegrasi ke dalam mobile phone dimana hampir setiap orang menggunakannya. Perkembangan teknologi sangat menggiurkan dan memudahkan, terlihat saat ini interaksi melalui handphone tidak hanya sebatas telpon dan sms. Beberapa sistem operasi di dalam handphone memberikan kemudahan untuk memiliki beberapa aplikasi dimana orang bisa menggunakannya dalam satu genggaman.

Facebook, Twitter dan Instagram saat ini sedang populer. Mereka para netizen berinteraksi satu sama lain dengan memberikan beberapa data pendukung seperti foto bahkan video. Semua media yang disebut di atas adalah

Beberapa Jenis dari Media Sosial

 

medsos

Media sosial dalam konteks online adalah media yang memberikan sarana bagi pengguna untuk berpartisipasi, berbagi dan berkomunikasi satu orang dengan yang lainnya melalui konten yang diunggah atau diposting kemudian pembaca atau yang menikmati konten tersebut memberikan komentar sehingga terjalin komunikasi.

Situs Jejaring Sosial : merupakan media yang sangat populer dan digemari oleh banyak pengguna internet termasuk penyedia konten baik berita, pribadi, kreator, blogger dan lainnya untuk mendapat sambutan dari pemirsa. Situs jejaring sosial merupakan struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul baik individu maupun organisasi yang dijalin oleh satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, ide, teman dan lain-lain. (Wikipedia).Yang populer saat ini adalah : Facebook, Twitter, Instagram, Myspace dan lainnya.

Sebuah group di facebook yang khusus berkumpulnya para blogger adalah Warung Blogger. Mereka kerap berinteraksi satu sama lain, memberikan informasi update terbaru para blogger serta kadangkala membuat event tertentu yang bermanfaat.

Social Bookmark atau Penanda, biasanya digunakan oleh para webmaster atau blogger untuk berbagi link supaya konten yang sudah dibuat dapat tersebar ke area yang lebih lebar. Contoh situs ini adalah digg.com, lintas.me, dll.

Blog : sudah saya tulis dengan gamblang di artikel Blog, Blogging dan Blogosphere.

Situs Berbagi Konten : 

  • Video : Youtube, Dailymotion, Vimeo, Vidio.Com dan sebagainya.
  • Gambar/Photo : Flickr,  Photobucket dan yang lainnya merupakan situs penyedia layanan penyimpanan gambar dan foto yang dapat dinikmati dan para pengunjug ndapat saling berkomunikasi dalam kolom diskusi yang tersedia.
  • Audio : seperti soundcloud yang sebuah platform distribusi suara secara online yang memungkinkan kolaborasi, promosi, dan distribusi dari rekaman suara. Para audiens dapat melakukan komunikasi berupa tanggapan dan penilaian dan akhirnya bisa saling mengenal di antara mereka.
  • Artikel : Ezine artikel dan sebagainya, merupakan kumpulan artikel yang menarik, unik dan berkualitas.

Game Online : beberapa game online memberikan interaksi antara pengguna untuk saling berinterasi dalam membangun dan saling mengalahkan dalam sebuah permainan. Tidak sedikit mereka akhirnya menjalin komunikasi antar sesama pengguna dalam situs yang mereka gunakan.

Chatt atau Messenger merupakan salah satu dari media sosial. Banyak sekali fitur yang memberikan layanan grouping atau confrence yang berinteraksi dengan banyak orang. Yang sedang populer antara lain, BBM, Whatsapp, Skype, Line, dan banyak lagi.

Forum Internet : Situs yang menarik dan banyak yang menjadi member karena memiliki kepentingan yang sama yakni membicarakan minat dan topik tertentu yang sama. Ads.Id dan Jisportal adalah contoh forum yang membahas internet marketing terbesari di negeri ini. Untuk minat yang lain seperti fotografi, automotif, dan lain-lain mereka memiliki forum tersendiri.

Situs Kolaborasi : merupakan situs yang dikembangkan oleh banyak orang. Situs ini memberikan berbagai macam informasi yang bermanfaat, seakan sudah menjadi kamus online. Beberapa situs ini atara lain, wikipedia, wikihow, wikianswer atau wikia,  dan lain-lain.

Bagi dunia internet marketing, seluruh media ini tidak luput dari perhatian sebagai media pemasaran. Ibarat pepatah, “Ada gula, ada semut”, pemilik produk berlomba untuk meraih pelanggan dengan menyisipkan informasi produk.

Beberapa kelebihan menggunakan media sosial untuk promosi :

  1. Jutaan orang berkerumun dengan berbagai kebutuhan mereka. Dengan kemampuan riset yang baik kita bisa mendapatkan target pasar yang sesuai.
  2. Jika produk kita baik, maka tidak sedikit dari mereka yang merekomendasikan produk secara viral, karena beberapa media sosial memiliki tombol share, reblog, like dan sebagainya.
  3. Produk kita akan menjadi topik diskusi yang menarik jika produk kita memiliki berbagai nilai tambah bagi pengguna, sangat mumpuni sebagai upaya branding.

Kekurangannya adalah media sosial sangat mudah untuk membentuk opini buruk terhadap sebuah produk dan mudah menyebar dengan cepat.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *