biaya
[Video] Perkiraan Biaya untuk Membuat Blog
February 25, 2016
Akismet Logo
[Video] Cara Setting Dashboard WordPress, Akismet dan Themes
February 26, 2016

Dahsyatnya Internet Marketing

Ketika seseorang memiliki produk yang unik dan menarik, lantas diposting pada sebuah media sosial, banyak orang suka, kemudian mereka share kemudian terhubung secara viral maka pemilik produk harus siap-siap untuk kebanjiran order.

Ketika seseorang membuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, kemudian diposting pada sebuah blog, kemudian kata kunci populernya menempati halaman pertama mesin pencari, maka siap-siaplah blognya akan dikunjungi banyak visitor dan akan banyak pertanyaan bahkan jika konten tersebut adalah sebuah produk barang atau jasa, maka siap-siap pula untuk kebanjiran order.

Blog, Web dan Media sosial adalah pilihan era sekarang untuk dijadikan media pemasaran. Jutaan pengguna facebook, twitter, instagram serta jutaan pengguna mesin pencari adalah kerumunan yang menarik untuk jadi bahan sebar informasi, promosi dan branding bagi produk, personal maupun perusahaan.

 

Kekuatan Youtube dan Dailymotion-pun yang memberikan fasilitas menampung konten video tidak kalah dahsyat. Masih terngiang di ingatan kita Shinta dan Jojo atau yang baru-baru ini Prista Aprilia Risty yang hanya cuap-cuap di depan kamera handphone kemudian diunggah ke Youtube, menjadi populer dan diakhir cerita jadilah kemudian sukses menjadi penyanyi.

Memahami Internet Marketing

Internet marketing, juga populer dalam sebutan marketing online, e-marketing, elektronik marketing, merupakan upaya untuk memasarkan produk baik barang atau jasa melalui perangkat elektronik melalui jaringan internet. Kegiatannya berkaitan erat dengan promosi di internet atau periklanan, pembentukan jaringan, pemanfaatan mesin pencari, email building list, pemasaran melalui media sosial sampai pada affiliasi.

Internet Marketing Tidak Hanya Sebatas Promosi

Ya … dua kata internet dan marketing. Pemasaran melalui media internet.

Philip Kothler dalam bukunya Marketing Management, memberikan gambaran tentang rangkaian pemasaran antara lain dari kebutuhan manusia, keinginan, daya beli, kemudian transaksi. Semuanya tidak terlepas dari riset untuk melihat keseluruhan tersebut. Internet Marketing-pun melihat dari sisi keseluruhan komponen pemasaran.

Promosi adalah bagian dari marketing dan iklan adalah bagian dari promosi. Pelaku internet marketing melihat semua sisi untuk mewujudkan produk populer dan menjadi daya tarik masyarakat untuk memiliki dan menggunakannya. Jadi teringat komponen marketing menurut pak Philip yakni meliputi Produk (produk), Price (harga), Promotion (promosi) dan Place (tempat/penempatan).

Kelebihan internet marketing :

  • Waktu yang tidak terbatas.
  • Pasar lebih luas.
  • Biaya pemasaran bisa lebih ditekan. Untuk usaha tertentu tidak memerlukan outlet, pergudangan dan lain-lain.
  • Proses interaktif lebih mudah dengan memanfaatkan media komunikasi seperti komentar di blog atau forum, chat, email dan sebagainya.

1. Produk

Produk meliputi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat, antara lain :

a. Produk Fisik

Produk fisik seperti sepatu, pakaian, alat olah raga, alat musik, cosumer goods dan yang lain-lain. Biasanya dijual dalam sebuah toko online. Istilah lainnya adalah mengangkat bisnis offline ke internet. Transaksi untuk produk fisik biasanya melibatkan pihak ketiga seperti perusahaan kurir. Belakangan peranan gojek cukup membantu dalam transaksi 1 daerah, diluar transaksi Cash on Delivery.

internet marketing

b. Produk Digital

Produk digital merupakan barang yang hanya bisa digunakan dalam perangkat elektronik dan internet, seperti ebook, perangkat aplikasi, plugin, themes dan sebagainya. Produk inilah yang memiliki transaki elektronik secara menyeluruh. Dari mulai produk, harga yang sudah pasti, transaksi sampai pada pengiriman dilakukan secara elektronik.

c. Jasa.

Produk non fisik yang menjadi bagian kebutuhan manusia seperti jasa seo, jasa pembuatan web, jasa event organizer, publik speaker, artist, dan sejenisnya menjadi bagian yang meramaikan dunia internet yang memberikan pilihan bagi konsumen.

Dari sisi kepemilikan, produk yang dipasarkan melalui internet terdiri dari :

  1. Produk Sendiri. Memiliki sebuah atau beberapa produk lantas melakukan penjualan di internet adalah potensi melipatgandakan penghasilan. Terlebih produk tersebut unik, memiliki khas tersendiri dan dapat mengedukasi calon konsumen mengenai pentingnya produk tersebut.
  2. Produk Orang Lain. Para pebisnis affiliasi biasanya menggunakan produk atau perusahaan orang lain sebagai rujukan untuk berbelanja. Tidak hanya toko online terbesar seperti aAmazon yang melakukannya melalui Partner Program, namun kreator digital melakukan metode ini dengan memberikan kesempatan kepada mereka yang berkeinginan untuk membantu dalam penjualan. Jadi walaupun kita tidak memiliki produk sendiri, memasarkan produk orang lain dan kita memperoleh fee adalah sudah menjadi bagian dari internet marketing. Intinya ada produk yang bisa dipasarkan.

2. Harga

Harga, sebagai salah satu komponen penting dalam pemasaran harus ditetapkan dengan bijak dan tepat. Selain menghitung dari harga pokok dan biaya, tingkat persaingan menjadi penentu keberhasilan sebuah produk. Unik, menarik dan memiliki nilai tambah atas suatu produk memberikan kredit tersendiri.

3. Promosi / Media Pemasaran

a. Web atau Blog

Pengertian web dan blog sudah saya sampaikan di sini. Toko online termasuk salah satu bentuk web yang populer. Mesin pencari sangat ramah pada kedua media ini dan memberikan harapan besar untuk mendapatkan pengunjung yang banyak dengan menempatkan web pada halaman pertama. Semakin tinggi peringkat di mesin pencari, maka web atau blog akan mendapat pengunjung yang banyak pula. Seakan media ini selalin memasarkan produk yang diusung, juga memasarkan dirinya di search engine. Web atau blog dengan sentuhan SEO akan mendapat tempat yang baik di mesin pencari.

Selain itu, web atau blog juga bisa disebarkan secara auto maupun manual ke social bookmark atau media sosial lainnya, sehingga pengunjung blog bisa diperoleh dari berbagai media tersebut.

b. Media Sosial

Facebook, Instagram, Pinterest, Twitter, Path, VK.Com adalah beberapa diantara sekian banyak media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Facebook masih berada di peringkat tertinggi. Sangat tepat para pemilik produk melirik media ini untuk dijadikan bahan promosi. Di facebook ada sebuah page yang bisa diikuti oleh para pengguna yang memiliki kebutuhan yang sama. Demikian pula fasilitias grouping menjadi arena pemasaran yang menarik.

Optimisasi untuk mendapatkan visitor memang berbeda dengan apa yang dilakukan melalui search engine. Masing-masing memiliki cara tersendiri supaya media ini tidak enggan untuk mendapat sambutan yang baik bagi produk yang dimiliki. Kitalah yang harus mengotimasi sehingga produk kita akan selalu dilihat oleh banyak orang.

c. Forum

Forum Jual Beli (FJB) adalah salah satu tempat favorit untuk memasarkan produk baik barang maupun jasa. Forum-forum dengan member yang jutaan misalnya, adalah potensial untuk mendapatkan pembeli dari segala penjuru.

Kelebihan forum terdapat kepentingan yang sama, membahas beberapa hal yang menjadi permasalahan member. Rekomendasi member adalah hal lain yang membentuk kekuatan tersendiri dalam memanfaatkan forum sebagai media pemasaran. Forum fotografi misalnya. Informasi perlengkapan fotografi menjadi wilayah yang sangat menarik. FJB menjadi sasaran mereka yang mencari barang yang berkualitas baik dan harga yang rasional.

Konten Internet Marketing

Informasi yang diberikan dalam media internet memiliki beberapa bentuk baik tulisan (text), gambar, audio atau video, atau gabungan dari semuanya. Durasi dan besarnya konten sangat bervariasi tergantung situasi, fasilitas, kehendak maupun syarat dan kondisi. Blog adalah media yang lebih luas dalam hal keleluasaan untuk pengembangan konten dibanding media lainnya.

1. Text

Konten yang selalu tampil berupa kumpulan huruf yang dirangkai menjadi beberapa kata, kalimat, alinea bahkan menjadi sebuah cerita yang panjang. Konten ini sangat populer dan sudah pasti digunakan dalam bentuk apapun. Karena dalam media, setiap konten memerlukan judul dan judul harus berupa text.

Blogger menceritakan sesuatu dalam blognya berupaka kumpulan text menjadi sebuah artikel yang panjang. Durasinya hanya dibatasi oleh kehendak blogger. Mereka dengan gairah yang tinggi menulis cerita, tips, preview atau review terhadap produk dengan kemasan yang menarik dan unik. Bahasa mereka bebas dan cenderung ke dalam bahasa obrolan yang mudah dipahami.

Facebook memberikan gambaran sekilas, walau beberapa dikemas secara lebih gamblang dalam sebuah fasilitas note. Sedangkan twitter lebih mengoptimalkan 140 karakter dalam kolom untuk menjangkau pemahaman para tweps. Sangat unik dan beraneka kreasi ditumbuhkembangkan oleh mereka para pengguna media sosial.

2. Gambar

Gambar atau foto memberikan sejuta makna dan multi tafsir. Kadangkang lebih memperkuat cerita jika foto menggambarkan sebuah realitas yang direkam. Para blogger sangat rajin, jeli dan mahir dalam merekam sebuah peristiwa, lantas mereka menampilkan di blog dengan aneka bumbu cerita. Untuk konten pemasaran, foto cukup mendukung dan dapat memberikan sentuhan artistik yang menarik disamping gambaran dalam bentuk tulisan yang kreatif.

Dalam bentuk iklan, sebuah banner tidak terlepas dari gambar atau foto yang memberikan gambaran awal secara langsung kepada pembaca. Foto-foto pilihan walau dalam kemasan minimum, sebuah banner telah memberikan informasi yang mumpuni untuk dijadikan konten yang menjadi daya tarik calon konsumen.

3. Audio

Audio tidak terbatas pada musik. Uraian produk secara verbal dapat mengiringi dan memperkuat konten dalam sebuah artikel. Hasil olah kreatif pembuat konten, audio bisa membuat daya tarik tersendiri. Terlebih sebuah produk yang menitikberatkan pada suara atau bunyi sebagai fungsi yang utama.

4. Video

Video marketing saat ini sedang populer mengiringi kepopuleran youtube, dailymotion dan lainnya yang memberikan sarana file sharing audio visual. Konten video tidak hanya sebatas film namun menjadi media presentasi. Lebih jauh, kini tidak hanya kamera sebagai pembuat video, akan tetapi beberapa software sudah banyak yang dapat digunakan untuk menghasilkan video yang berisi konten yang disesuaikan dengan kebutuhan marketing.

Dalam kenyataannya paduan konten text, gambar dan video seluruhnya bisa dipublikasi dalam satu kesatuan konten blog yang menarik dan dinamis. Konten memperkuat isi video dan gambar selain bercerita juga memberikan ruang yang lebih artistik. Para blogger mengolahnya sedemikian rupa sesuai dengan kemampuan dan kreatifitas yang dimilikinya. Blogger profesional memadukan ketiganya untuk memberikan gambaran secara gamblang tentang kehebatan sebuah produk yang diceritakan.

Periklanan di Internet sebagai Bagian dari Pemasaran.

Peran Advertiser dan Publisher dalan Bisnis Internet

Kita kerap mendengar kata yang disebut dengan publisher dan advertiser. Keduanya adalah yang memanfaatkan media promosi di internet untuk sama-sama memperoleh keuntungan. Advertiser berkepentingan produknya terpublikasi untuk mendapatkan publisitas, sedangkan publisher dapat menayangkan sebuah iklan produk yang dikeluarkan oleh advertiser dan memperoleh fee karenanya.

Para publiser membuat sebuah web atau blog serta memanfaatkan media sosial yang ada di internet untuk mempublikasikan produk yang diterbitkan oleh advertiser.

Arena publisher dan advertiser untuk mengambil manfaat tersebut kerap di dunia maya disebut bisnis online. Jenisnya antara lain :

  • Pay Per Clik
  • Paid to Review
  • Job Review
  • Cost Per Aquisition
  • Affiliate Program
  • Teks Link

dan lain-nya. Kelak akan dibahas satu persatu.

Saat ini banyak perusahaan kecil maupun besar menempatkan internet menjadi bagian dari strategi pemasaran mereka. Publikasi melalui internet dengan jumlah pengguna yang semakin tumbuh dari waktu ke waktu tidak bisa dihindari. Terlebih pengguna mobile phone sudah menempatkan internet adalah fitur wajib yang harus tersedia.

4. Place

Place kerap disebut dengan sistem distribusi dimana sebuah sistem untuk menyampaikan produk dpaska proses produksi kepada konsumen yang kelak jika terjadi kesepakatan atau transaksi. Ada beragam sistem dalam sebuah internet marketing atau transaksi online.

Produk yang berwujud fisik biasanya dilakukan melalui pengiriman atau courier. Termasuk untuk produk digital yang dikirim melalui kepingan CD.

Produk digital biasanya melalui proses download baik di tempat yang disediakan dalam website biasanya dalam member area atau client area. Dalam beberapa kasus jika pihak pengelola website tidak menyediakan atau pemasaran hanya melalui media sosial, biasanya dilakukan di sebuah web file sharing, email, download area dan yang lainnya. Google Drive sering juga digunakan untuk proses transaksi produk digital ini.

Jasa, biasanya dilakukan melalui proses yang berlainan pula. Dapat dilakukan di sebuah member area, proses chatting dan sebagainya. Hasilnya menyesuaikan dengan produk jasa yang ditansaksikan.

Lebih detil nanti kita diskusikan di area lain ya .. tidak terasa ini ternyata sudah hampir 2000 kata. Lelah pastinya untuk membacanya.

Semoga berkenan. Terima kasih

Salam.

Sumber feature image : bisnisukm.com

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *