Powerpoint
Cara Menampilkan Power Point di Artikel Blog WordPress
February 29, 2016
wordpress plugin
[Video] Memahami, Install dan Cara Setting Plugin WordPress yang Penting
March 1, 2016

Cara Mudah Membuat Blog WordPress

wordpress plugin

Ada yang seru ketika awal-awal melakukan aktifitas blogging dan mulai menginginkan menambah blog selain perdebatan atas pertanyaan bagus mana wordpress dengan blogspot. Pertanyaan lain adalah perdebatan antara membuat blog secara auto atau manual khususnya ketika membuat blog yang berflatform wordpress, secara hasil akhir bentuk dan featurnya sama saja.

Bagi yang pro auto, kelebihannya adalah dapat membuat blog dengan lebih cepat, sedangkan yang pro manual, konon database bisa dibuat secara custom sehingga dari sisi keamanan lebih memadai.

Saya mencoba menguraikan kedua cara membuat blog wordpress tersebut.

Sangat berterima kasih pada pengembang web yang sudah berupaya keras membangun perangkat lunak untuk blog yang membuat pengguna mudah untuk membuatnya dalam hitungan menit. Para penyedia platfom blog seperti wordpress, blogspot, medium, tumblr dan banyak lagi, mereka bahkan menyediakan secara gratis di dalam host mereka.

wordpress pluginBaik aplikasi web yang host maupun self host (harus melalui hosting berbayar) pada dasarnya keduanya sama mudahnya. Perbedaan terletak pada selfhost yang harus melalui pembelian domain dan hosting di perusahaan yang menyediakan itu. Pada artikel domain dan hosting saya telah menyampaikan perusahaan penyedia sarana itu yang sudah hampir 6 tahun ini saya gunakan.

Saat ini saya hanya menyampaikan cara membuat blog di selfhosting dengan blogwire berupa wordpress yang menurut saya sangat cocok untuk digunakan sebagai blog bisnis. Auto installer ini terdapat pada cpanel hosting. Cara membukanya melalui http://namadomain.com/cpanel.

Cara auto memuat blog berbasis wordpress.

Saya mengenalnya ada 3 cara yang biasa dilakukan membuat blog wordpress secara auto, pada cpanel, antara lain dengan menggunakan :

  • Quick Install
  • Fantastico Deluxe
  • Softaculous

Jika kita ingin menggunakan salah satunya adala dengan cara mengklik gambar sebagaimana di atas, maka akan terbuka area untuk memulai instalasi.

Sebagaimana yang saya sampaikan di atas, bahwa cara auto ini sangat cepat. Salah satunya adalah database dan usernya langsung terinstall dengan sendiri secara automatis. Ketiganya memiliki syarat yang sama, yakni mengisi nama blog, user admin, password dan deskripsi. Hanya itu. Tidak lebih dari 5 menit blog sudah tinggal setting dan posting.

Cara Manual Membuat Blog WordPress di Cpanel Hosting

Langkah ini sedikit agak panjang prosesnya. Biasanya dilakukan bagi yang mengalami kegagalan dalam proses auto dan alasan lain seperti yang saya sampaikan di atas konon lebih aman karena database, user db dan passwordnya dibuat secara custom atau kehendak sendiri.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Setelah login di cpanel, kita harus membuat database, user database dan passwordnya terlebih dahulu :
  • Jika sudah dibuat, kita download wordpress terbaru di wordpress.org, kemudian upload di publik_html pada cpanel, kemudian extract, maka akan muncul folder.
  • Klik folder wordpress tersebut, kemudian akan terbuka folder dan file wordpress, kita blog semua dan klik move pada toolbar di atas dan pindahkan ke public_html sehingga di folder wordpress akan terlihat kosong. Hapus saja folder wordpress tersebut karena tidak ada gunanya.
  • Buka browser baru, kemudian ketikkan nama domain di browser, maka akan muncul halaman untuk memulai instalasi. Mulai dari sini kita akan ketemu tahap demi tahap, yang dimulai pilihan bahasa.
  • Setelah memilih bahasa, kita akan dihadapkan pada isian database, user dan password yang sudah disimpan tadi. Masukkan ke kolom yang tersedia, lainnya biarkan default. Selesai klik Next.
  • Kemudian isian tentang blog, admin name dan password serta email. Isi saja dengan apa yang dikehendaki. Upayakan email yang biasa digunakan dan hafal karena jika lupa password email ini sangat penting selama blog kita masih hidup. Tahap ini selesai dan tinggal setting melalui halaman admin dengan cara membuka http://namadomain.com/wp-admin. (url ini untuk keamanan bisa dirubah dengan plugin khusus. Suatu saat saya akan menceritakannya. )

Untuk setting wordpress, yang biasa saya lakukan adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama saya biasanya menghapus artikel contoh (Hello Word) dan halaman contoh (sample page) serta merubah category dari uncategory menjadi apa yang kita inginkan.
  • Keduanya pada setting –> general setting saya suka mengkosongkan tagline karena saya lebih menyukai diisi pada plugin All In One Seo. Pada general setting ini pula saya memilih jam.
  • Ketiganya, pada setting –> discussion saya suka membiarkan orang untuk komentar tanpa hambatan apapun sehingga saya suka mencentang “Allow people to post comments on new articles”, dan menghilangkan centang pada “A comment is held for moderation”.
  • Keempatnya, pada permalink saya suka mengisinya dengan custom /%post_id%/%postname%. Untuk kasus tertentu kadang kita membutuhkan untuk menyesuaikan .htaccess atau membuatnya terlebih dahulu jika setelah setting ini halaman single tidak bisa dibuka. Di cpanel kita harus membuat file baru kemudian copy paste kode untuk basic wp yang ada di codex wordpress ini.
  • Kelimanya pada user–> your profile saya suka mengisi Nick Name dan mengisi Display name publicly as dengan Nick Name yang dibuat tadi supaya visitor tidak melihat admin username. Lagi-lagi untuk keamanan.

Untuk plugin, pertamakalinya saya mengaktifkan akismet. Plugin ini sampai saat ini bagi saya cukup ampuh untuk menangkal komentar spam sehingga masuk ke ruangannya sendiri dan memudahkan kita untuk menghapusnya kelak.

Klik di sini untuk melihat Video Instalasinya. 

Untuk selanjutnya, saya biasanya mengupload theme yang sudah saya persiapkan sebelumnya termasuk sudah ganti header atau melengkapinya dengan logo,  dengan cara upload di –> Appereance —> themes –> add new. Jika sudah yakin tinggal diaktifkan saja.

Adapun untuk plugin yang kerap saya gunakan antara lain :

  1. Akismet, untuk menangkal komentar spam.
  2. All In One Seo Pack, utnuk setting atau menyesuaikan tampilan seperti apa yang diinginkan pada halaman mesin pencari.
  3. Contact Form 7, untuk membuat halaman kontak.
  4. Search Term Tagging, untuk melihat keyword yang tertangkap sebagai bahan analisa kepopuleran keyword yang kita miliki.
  5. XML Google Sitemap, untuk membuat sitemap yang berhubungan dengan kemudahan mesin pencari merayapi blog kita.

Keseluruhan plugin di atas tersedia gratis dengan cara mengklik add plugin, kemudian isi search dengan plugin yang kita inginkan.

Plugin lain yang diperlukan biasanya dipasang untuk menyesuaikan dengan themes yang digunakan. Seperti halnya jika saya menggunakan produknya Evanto, maka ada beberapa plugin yang wajib diinstal supaya kehebatan themesnya bisa dieksplorasi secara maksimal.

Setelah themes dan plugin terinstall, saya biasanya menuju ke ruang widget untuk mengatur halaman muka atau tampilan. Biasanya saya suka memasang recent posts, recent comments, categories dan archieves (saya pasang jika blog sudah lebih dari 3 bulan).

Untuk statistik saya menyukai histats.com yang kaya akan fitur dan mudah diinstal. Kemudian kodenya saya tempelkan pada footer secara manual tanpa bantuan plugin.

Setelah semuanya kelar, saya mulai membuat page untuk menulis about. Kemudian dilanjutnya dengan posting artikel pertama. Setelah publish posting pertama saya baru aktifkan plugin xml sitemap, kemudian mengisi atau submit di google dan bing webmaster tool supaya blog kita segera muncul atau terindex di halaman mesin pencari untuk memperoleh visitor.

Tentu saja cara membuat blog ini tidak sama dengan blogger lain namun cara inilah yang sering saya gunakan ketika saya membuat blog-blog baru yang hostingnya dimiliki sendiri. Kalau ada kekurangan atau pertanyaan bisa disampaikan lewat komentar, atau hubungan lewat kontak.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *