blog bisnis
Inilah Alasan Kenapa Dari Blog Bisa Menghasilkan Uang
February 27, 2016
easely
Cara Membuat Konten Blog Yang Menarik
February 28, 2016

Pengantar SEO – Search Engine Optimization

Pengantar SEO

“Banyak blogger yang alergi dengan SEO, akan tetapi senang dan ingin mendapatkan visitor lebih banyak dari search engine”. Kalimat ini saya sampaikan ketika menjadi salah satu nara sumber di acara BloggerCamp.Id di Taman Dayu, Pandaan beberapa waktu yang lalu.

Dulu sayapun demikian. Terasa repot untuk mengurus beberapa syarat supaya tulisan dan blog kita dianggap ramah di muka mesin pencari. Namun untuk menghilangkan itu dan memberikan gairah supaya saya mau belajar, saya nekat mengikuti kontes SEO yang diselenggakan oleh Joko Susilo dengan keyword “Stop Dreaming Start Action”.

Apa sih SEO itu ?

Search Engine Optimization. Itulah singkatannya. Upaya optimisasi web atau blog supaya mendapat rangking di halaman pertama mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain. Prosesnya sangat rumit dan memiliki ritual yang cukup panjang. Namun bagi mereka yang sudah terbiasa melakukannya, kegiatan ini adalah sebuah tantangan yang asyik. Ada seninya dan berbahagia jika target sudah tercapai. Yakni menduduki halaman pertama terutama di Google, Sang Raja Mesin Pencari.

 

pengantar seo

Mesin pencari dalam konteks ini adalah sebagai media promosi. Ketika orang ramai mencari sesuatu di search engine, maka kita sebagai penyedia konten pada web atau blog sangat berharap kepada search engine tersebut berbaik hati mengusung kita di halaman pertama. Halaman pertama adalah halaman ketika orang melihat pertama kalinya ketika usai mengetikkan kata kunci di kolom pencarian.

Kenapa harus ada SEO ?

Karena adanya persaingan. Para webmaster berbondong-bondong untuk mendapat perhatian google sehingga web yang mengusung kata kunci tertentu mendapat tempat di halaman pertama. Semakin tinggi persaingan semakin tinggi pula upaya optimisasi yang ekstra.

Tidak ada persaingan atau sedikit pesaing, maka sedikit sentuhan seo bahkan bisa dikatakan tidak perlu. Toh mesin pencari juga berbuat banyak supaya reputasinya sebagai mesin pencari terhebat selalu update dengan para pengguna internet terbaru khususnya yang memiliki web.

Kenapa harus halaman pertama ?

Mesin pencari adalah salah satu media promo gratis bagi sebuah web (walau dapat juga yang berbayar) untuk mendapatkan traffic atau visitor. Dengan menduduki halaman pertama terutama yang dibidik adalah kata kunci yang banyak digunakan oleh pengguna internet maka sangat besar kemungkinan mengunjungi web atau blog kita jika berada di halaman pertama.

Blog bisnis yang dimiliki oleh para penggiat internet marketing sangat mengutamakan untuk mendapat rangking pertama. Pengunjung akan datang dengan sendirinya dan blog menjadi ramai. Ibarat sebuah toko yang ramai pengunjung, kemungkinan besar produk yang dipajang akan laris.

Apa yang harus dilakukan dalam SEO ?

Proses untuk mengoptimisasi konten supaya menjadi raja di berbagai mesin pencari termasuk panjang. Tergantung tingkat persaingan keyword yang kita bidik. Jika tanpa persaingan atau pesaingnya sedikit, maka ritualnya pun lebih mudah. Demikian pula jika persaingan tinggi, maka beberapa proses harus dilakukan dengan baik dan benar serta agak panjang.

Riset Keyword atau Kata Kunci

Sebelum posting konten bahkan sebelum membuat blog, keyword yang kita bidik harus diteleliti terlebih dahulu tingkat kemungkinan mendapat visitor, akan memperoleh posisi yang baik serta tingkat persaingan. Pentingnya riset ini supaya kelak akan menemukan kemungkinan menemukan kata kunci yang tepat sesuai dengan tema atau niche blog termasuk konten-konten yang akan kita buat. Beberapa blogger senior yang sudah sukses banyak yang mengutamakan proses ini sebagai bagian yang terpenting. Karena optimisasi web kelak akan menjadi semakin mudah dan lebih terarah.

Riset keyword ini banyak sekali ritual yang harus dilewati, beberapa diantaranya :

  • Memilih keyword dan generatenya
  • Melihat sejauhmana keyword tersebut mendapat perhatian pengguna internet
  • Melihat sejauhmana keyword tersebut memiliki tingkat persaingan, apakah tinggi, sedang atau rendah.

Optimisasi Onpage

Web yang kita miliki serta konten yang akan kita gunakan harus memiliki nilai Seo atau seo friendy, ramah dengan mesin pencari. Beberapa hal yang harus mendapat sentuhan khusus adalah :

  • Themes, merupakan tampilan rumah bagi sebuah web atau blog. Penataan theme dan dapat diakses dengan cepat memberikan pengaruh pada perhatian mesin pencari.
  • Plugin. Ada ibarat vitamin dalam tubuh. Beberapa plugin sangat potensial dalam mendongkrak peforma web.
  • Konten, adalah hal utama dimana visitor mengingkan isi dari apa yang diperlihatkan oleh web atau blog. Isi yang baik, natural dan mudah dipahami adalah komponen penting. Yang lebih utama adalah konten tersebut bukan duplikat atau hasil copy paste.
  • Domain, ssaya sudak menuliskannya pada artikel tentang domain.
  • Hosting, saya sudah menuliskannya pada artikel tentang domain dan hosting.

Optimisasi Offpage

Dukungan pihak ketiga sangat diperlukan dalam mengembangkan sebuah web atau blog supaya mendapat tempat terbaik di mesin pencari. Biasanya dalam bentuk link. Link-link dari situs yang sudah dipercaya oleh mesin pencari akan memberikan nilai yang baik. Demikian pula dukungan dari media sosial walaupun nilai mendongkrak untuk search engine tidak begitu signifikan akan tetapi memberikan peluang web kita mendapat kunjungan dari media sosial akan memberikan nilai dan kelak akan dianggap penting oleh mesin pencari.

Sekian dulu sebagai pengantar, kelak saya akan menuliskannya lebih detil di blog Ganitri.Com ini.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *