Persiapan Membuat Blog
3 Langkah Persiapan Sebelum Membuat Blog
February 20, 2016
Mengenal Media Sosial
Mengenal Media Sosial
February 21, 2016

Domain dan Hosting untuk Blog dan Bisnis Online

memilih domain

Diskusi domain dan hosting untuk blog dan bisnis online dengan kawan selalu asyik, karena banyak pandangan yang bisa diperoleh terutama berhubungan dengan SEO, Search Engine Optimization. Sejauh mana berpengaruh dan bagaimana korelasi antar keduanya mengingat konon konten adalah hal utama yang berhubungan dengan mesin pencari dan pembaca.

 

Beberapa hal memang ditunjukkan dalam halaman pertama google misalnya, ada beberapa website yang ampuh dengan tidak menggunakan domain populer di urutan teratas untuk keyword tertentu seperti movie. Padahal para masterweb kerap menyarankan kalau dot com dan dot net kerap dijadikan pilihan utama bagi SEO, terlebih untuk blog bisnis.

Tapi okelah mari kita berpijak pada beberapa alasan. Dot Com sudah menjadi semacam kebiasaan lidah. Seorang kawan, dulu ketika awal saya ngeblog pernah minta bantuan disediakan domain. “Belikan dotcomnya donk mas, saya pilih namadomain.net?”. Aneh, bukan ? Tapi kenyataannya tak bisa dibantah, dot com sudah sangat populer dan dot net ikut sebagai runner up.

Memilih Domain

memilih domainNama domain sebetulnya adalah jalan untuk mempermudah pengguna internet mengakses ke sebuah server. Kerap disebut juga URL, Uniform Resource Locator, yakni rangkaian  karakter berfungsi mengidentifikasi sumber dalam sebuah layanan internet. Sering kita dengar sebuah pertanyaan, “Webmu URLnya apa?”. Saya menjawab, “http://ganitri.com”.  Walau ada perbedaan, URL dan domain menunjuk ke sebuah identitas atau jalan untuk menuju ke sebuah web atau blog.

Istilah lain adalah TLD atau Top Level Domain, merupakan level teratas dari rangkaian tanda titik setelah nama domain. Misalnya, .com., .net, .org.

Disamping itu terdapat TLD negara seperti .id untuk Indonesia, .sg untuk Singapura, .jp untuk Jepang dan sebagainya.

Nah, kembali ke pilihan domain, beberapa hal yang perlu di catat sebelum memilih nama domain yang kerap disarankan :

  • Sekali lagi dot com dan dot net masih yang terbaik untuk bisnis dan SEO. Banyak yang tidak menganjurkan menggunakan dot info, dot pw, dot co serta domain yang dimiliki oleh negara-negara lain.
  • Bagi badan usaha, memilih .co.id memberikan nilai tersendiri, mengingat ada persyaratan tertentu yang harus disampaikan ketika pengajuannya.
  • Pilihlah dengan nama terpendek, mudah diucapkan dan mudah didengar. Tidak dianjurkan menggunakan angka dan tanda minus, seperti misalnya ganitri-web.com, atau ganitri123.com.
  • Membeli di perusahaan memang sudah dikenal baik reputasinya supaya kelak tidak ada masalah ketika melakukan perpanjangan. Rekomendasi saya untuk perusahaan lokal saya selalu membeli di MasterWeb.Net. Dengan membeli di perusahaan ini kita tidak disibukkan dengan permasalah kartu kredit dan paypal.

Memilih Hosting

 

Hosting merupakan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu snappy_cash3menempatkan informasi atau data di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS. (wikipedia).

Memilih hosting yang baik adalah kecepatan akses yang baik dan stabil karena kita tahu bahwa kecepatan akses merupakan salah satu syarat utama jika ingin bersahabat dengan pembaca dan search engine. Pembaca akan mudah meninggalkan karena lambatnya akses ke wab atau blog kita.

Perusahaan hosting yang hampir 6 tahun saya gunakan saat ini adalah Hostgator. Saya sendiri menggunakan paket reseller selama kurun waktu tersebut. Sedangkan perusahaan hosting lokal saya menggunakan Masterweb untuk beberapa blog bisnis saya yang menggunakan bahasa Indonesia.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *