Memilih Topik Blog
Memilih Topik Yang Bagus untuk Sukses dalam Blogging
February 22, 2016
Riset Keyword
Pentingnya Riset Keyword atau Kata Kunci
February 23, 2016

Blog, Blogging dan Blogosphere

blogosphere

Ketika saya bertemu dengan kawan yang sudah bertahun tak jumpa, pertanyaan yang tidak pernah ketinggalan adalah apa aktifitas sekarang atau kerja di mana ? Saya suka menjawab, saya sekarang menjadi blogger. Banyak kawan saya yang  bertanya apa itu blogger ?

Saya sampaikan kalau saya blogger karena memiliki blog. Sebuah media penyedia layanan konten baik tulisan, foto atau gambar dan kini populer juga dengan video. Ditayangkan dalam sebuah platform blog kemudian dilihat oleh pengguna internet yang kebetulan mampir di blog saya. Mereka memberikan komentar bagi yang berkenan atau hanya sebatas membaca.

 

Tentu saja tidak bisa saya ceritakan bagaimana saya melakukan aktifitas blogging karena sulit untuk diceritakan terlebih kepada kawan saya yang tidak banyak bersentuhan dengan dunia internet. Akan memahami jika saya saat itu sedang online dan menunjukkannya kepada kawan saya tadi.

Arti Blog

Membaca blog sebenarnya sudah lama, namun beberapa tahun kemudian nama blog saya kenal ketika salah satu perusahaan hosting mengirimkan penawaran melalui email dengan slogan “hari gini tidak punya blog!!”.  Sayapun mencoba mengenal lebih jauh tentang blog. Tahun 2009 yang lalu.

Blog, adalah suatu situs web yang terdiri dari blog posts, atau masukan yang ditulis oleh para blogger (ada juga yang menyebutnya narablog), di mana pada umumnya teratur rapi ke dalam beberapa kategori topik dan tersusun secara terbalik berdasarkan urutan kronologisnya. Kebanyakan blog mengizinkan pembacanya untuk memberikan komentar atas blog posts tersebut. (Jeremy Wright : 2007)

Beberapa hal yang berkaitan dengan  sebuah blog biasanya adalah sebagai berikut :

  • Blogpost, merupakan konten baik tulisan/artikel, gambar/photo dan video atau gabungan ketiganya yang memberikan informasi atau permasalahan yang diposting oleh seorang blogger.
  • Blogger adalah yang bertanggung jawab terhadap blog/blogpost atau dengan kata lain adalah seorang atau beberapa orang admin blog.
  • Blogware, merupakan perangkat lunak yang menjadi mesin sebuah blog.
  • Komentar, kolom yang terpasang untuk sarana bagi pengunjung blog atau blogger lain yang memberikan tanggapan terhadap blogpost.
  • Trackback merupakan URL yang dipasang pada sebuah blog dari blog lain sehingga saling menghubungkan satu sama lainnya dalam konten yang berhubungan, biasanya jika diperbolehkan akan tercantum pada kolom komentar pada blog yang linknya kita tautkan.

Dalam sejarah awalnya, blog merupakan komentar/opini pribadi, sering disebut juga sebagai buku harian yang ditayangkan secara online oleh beberapa orang blogger. Namun kini perusahaan memanfaatkan blog sebagai bagian dari pemasaran maupun untuk keperluan internal mereka.

Blog memiliki banyak jenis dan berkembang seiringan dengan pengetahuan dan pengalaman sang blogger. Kita kerap menemukan blog yang berisi aneka warna kegiatan, reportase, opini, hobby dan lain-lain.

Blogging

Blogging merupakan aktifitas yang dilakukan oleh blogger, antara lain dalam bentuk :

  • Posting atau publikasi konten
  • Menautkan satu sama lainnya dalam konten yang berhubungan (kadang juga tidak).
  • Blog Walking atau saling mengunjungi ke blog-blog lain.

Blogosphere

Aktifitas blogging yang terus menerus dilakukan oleh blogger kerap menumbuhkan keakraban bahkan tidak sedikit terjalin persahabatan antar blogger. Para blogger saling berkunjung dan saling berkomentar untuk memperkuat konten serta saling menaut satu sama lainnya ini menciptakan suasana tertentu yang kerap disebut blogosphere.

Tidak sering mereka mengadakan pertemuan-pertemuan atau kopi darat sebagai wujud persahabatan di antara mereka, baik hanya untuk sekedar pertemuan biasa maupun sharing ilmu blog.

Belakangan keriuhan blogosphere semakin terasa karena setiap saat kerap ditemukan lomba atau giveaway yang dilaksanakan oleh blogger itu sendiri maupun oleh perusahaan kecil, menengah maupun besar untuk dijadikan sarana promosi mereka. Hadiahpun beranekan ragam, dari uang pulsa, barang sampai uang yang nilainya jutaan rupiah.

Blogging bagi banyak orang semakin berkembang. Terlebih search engine cukup ramah terhadap blogger yang kerap posting konten yang original. Situs mesin pencari seakan menjadi pemasar gratis bagi blogger. Banyak di antara mereka yang menjadikan blogging sebagai mata pencaharian. Tulisan mereka banyak dinilai oleh beberapa perusahaan untuk menjadi bagian pemasaran. Review produk baik barang maupun jasa atau perusahaan itu sendiri.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *