Panduan Memilih Tripod
Panduan Memilih Tripod Yang Bagus | Murah, Kokoh dan Simple
September 4, 2017
Alasan Menyukai Lensa Fix 50mm
Alasan Menyukai Lensa Fix 50mm | Kelebihan dan Kekurangan Prime Lens Canon dan Nikon
September 9, 2017

Tips Memotret Bunga Supaya Hasilnya Lebih Baik dan Indah

Tips Memotret Bunga

Tips Memotret Bunga. Selalu menarik untuk memotret kembang yang ada dimana-mana. Mudah di peroleh karena berterabaran dengan indah di rumah sendiri atau tetangga sebelah. Banyak fotografer pada awal belajar fotografi, memotret bunga adalah buruan pertama.

Bunga apapun selalu menarik untuk difoto. Terlebih bunga yang jarang ditemui. Saya iri kepada salah satu blogger yang berkesempatan memotret rafflesia arnoldi yang jarang ditemui.

Akan tetapi bunga apapun akan menjadi lebih menarik apabila kreasi kita timbul dan memotretnya dengan baik.

Tips Memotret Bunga

Saya adalah salah satu yang tidak ketinggalan memotret bunga jika dalam sebuah perjalanan. Karena pertama kali belajar motret, bunga yang menjadi sasaran belajar memotret tajam.

Sayapun ingin memotret lebih baik supaya tidak membosankan. Beberapa tips yang saya peroleh dari bukunya Scott Kelby, supaya hasilnya lebih baik saya mendapat saran, antara lain :

Menggunakan Lensa Macro.

Tajam

Tiada lain untuk memperoleh ketajaman yang detil. Andy Small, pakar memotret bunga menggunakan lensa Carl Zeiss 100mm (macro) dan hasilnya sangat menakjubkan. Walau tidak menggunakan lensa yang sama, sayapun mencoba menggunakan lensa macro walaupun menggunakan yang 60mm, tepatnya menggunakan Nikon AF 60mm f/2.8D.

Sebelumnya pernah menggunakan Sigma 70-300mm yang memiliki feature macro. Hasilnya bagi saya yang sedang belajar saat ini sangat memuaskan dan lain jika hanya menggukan lensa yang bukan macro.

Artikel berhubungan : Memilih Lensa Yang Tepat. 

Memotret dari Samping.

Tips Memotret Bunga

Sebelumnya saya memotret selalu dari atas. Saran memotret dari samping ternyata memang banyak yang menyukainya terlebih dengan efek blur yang dihasilkan oleh lensa tele dan macro memberikan kontribusi keindahan bunga tersebut karena mengisolasi obyek yang berkesan menjadi lebih tegas.

Bubuhkan Cipratan Air.

bunga

Ini yang tidak saya duga. Dengan membubuhkan cipratan air, bunga terlihat lebih segar dan menarik.

Jika malamnya hujan, saya suka berburu keesokan harinya untuk mencari bunga karena akan terlihat alami dengan bintik-bintik air yang ada pada bunga.

Gunakan Tripod

Bunga Biru

Ya, sekali lagi tripod memegang peranan penting untuk mendapatkan ketajaman foto. Tripod yang fleksible akan mememberikan kemudahan dalam memotret bunga pada area yang sulit.

Artikel berhubungan : Panduan Memilih Tripod.

Gunakan Shuter Release atau Timer.





Berkaca pada cara membuat foto yang tajam dan hasil yang diperoleh oleh Andy Small, memotret dengan tidak menyentuh tangan pada kamera, akan memberikan kontribusi pada ketajaman foto yang sempurna. Shutter Release adalah alat untuk menekan shutter dari jarak jaruh. Timer adalah feature yang ada pada kamera untuk mempekerjakan kamera dalam memotret beberapa detik kemudian sesuai dengan waktu yang kita setting. Hal ini berakibat pada kamera tercegah pada goncangan karena sentuhan tangan.

Artikel terkait : Tips Memotret Tajam.

Tips Memotret Bunga Yang Berkelompok

Tips Memotret Bunga

Jangan khawatir dengan memotret bunga yang berkelompok.  Selalu ada daya tarik dari setiap kelompok termasuk bunga. Mencoba dari berbagai sudut atau angle akan menemukan format memotret bunga yang menarik. Tergantung dari apa yang akan kita ambil.

Selain di halaman, kebun bunga, di toko bunga juga dapat kita jadikan hunting foto dan kita akan mendapatkan foto bunga yang sama-sama menarik. Selamat mencoba, ya!

 

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *