Memilih Lensa Yang Tepat
Memilih Lensa Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Dalam Fotografi
September 3, 2017
Tips Memotret Bunga
Tips Memotret Bunga Supaya Hasilnya Lebih Baik dan Indah
September 5, 2017

Panduan Memilih Tripod Yang Bagus | Murah, Kokoh dan Simple

Panduan Memilih Tripod

Panduan Memilih Tripod Yang Bagus untuk membantu pembaca yang ingin membelinya dengan budget terbatas namun memiliki kualitas yang baik, mengingat saat ini sangat bertebaran tripod murah di toko online.

Tripod ini sangat penting sehingga jika memiliki dana lebih dianjurkan untuk membeli yang memiliki kualitas yang sangat baik. Banyak fotografer professional yang menganggarkan khusus buat tripod ini sampai belasan juta rupiah.

Namun jika memiliki dana terbatas, tidak sedikit pula tripod yang murah dan bagus, paling tidak harganya di bawah 1 juta rupiah.

Berikut sedikit tips dan ….

Panduan Memilih Tripod Yang Bagus dan Murah

Tripod

Tripod3

 

Memiliki fungsi untuk menyangga kamera supaya berdiri tetap dan mencegah goncangan karena pengaruh getaran tangan, lamanya shutter speed, mengukur horizon, media untuk self potrait dan lain-lain.

Tripod biasanya terdiri dari tripod itu sendiri dan ballhead.

Tripod memiliki tiga kaki yang bisa dibuka tutup sesuai kekuatan dan kemampuan merenggangkan kakinya sebagai upaya untuk membuat tegak berdiri, bisa dipanjangpendekkan serta kerenggangannya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Akan terasa bedanya hasil foto dengan menggunakan tripod, memotret akan menghasilkan foto yang tajam.

Lihat artikel Cara Memotret Tajam

Ballhead

Ballhead adalah kepala dari tripod. Ada yang dijual terpisah ada juga yang sudah menyatu. Ball head yang memberikan keleluasaan untuk adjustment atau mengatur kamera dalam membuat framing atau angle. Dimiringkan, diangguk-angguk untuk mengatur kamera menengadah atau mengangguk dengan batas tertentu sesuai dengan kemampuan ballhead.

Untuk membuat diam sesuai dengan setting yang telah kita tetapkan disediakan aneka pengunci baik pada ballhead maupun pada tripod.

Material Tripod

Yang populer adalah tripod terbuat dari besi, alumunium dan carbon. Dari besi biasanya cenderung lebih mudah dibanding alumunium. Sedangkan dari carbon sampai saat ini cukup populer di kalangan fotografer professional karena ringan untuk dibawa, namun harganya sangat mahal. Sampai saat ini saya belum menemukan di bawah 1 juta rupiah untuk tripod yang berbahan carbon.

Saran saya jika memiliki dana lebih, terutama yang menyukai traveling photography, yang berbahan carbon adalah pilihan yang tepat karena riangan namun sangat kuat.
Akan tetapi yang berbahan besi dan alumunium tidak berarti buruk. Bagi saya selagi masih kokoh dan kuat dalam menahan goncangan dan gangguan angin, misalnya, serta bagian yang penting masih berfungsi maksimal, maka tripod tersebut dapat dijadikan pilihan.

Tripod Yang Memiliki Fitur Yang Komplit.

    • Berbahan kokoh dan kuat menyangga kamera. Memilih dengan kekuatan yang sesuai dengan bobot kamera yang kita miliki adalah lebih baik. Jika kita menggunakan mirrorless menggunakan tripod yang diperuntukkan bagi DSLR akan lebih baik karena DSLR lebih berat sehingga untuk menyangga mirrorless akan menjadi kelebihan tersendiri.
    • Perhatian kemampuan menahan benda atau kemampuan menyangga kamera sehingga kamera bisa stabil.
    • Ballhead yang terpisah sehingga kita fleksible untuk mengganti sesuai dengan selera dan kebutuhan kita.
    • Memiliki waterpass supaya mudah mengukur rata atau tidaknya tempat kita memotret.
    • Adjustmen yang mudah digunakan baik pada ballhead atau tripod, supaya tidak kesulitan ketika kita menggunakan terutama pada kondisi yang sulit.




  • Memiliki ketinggian yang maksimal sesuai dengan kebutuhan kita dalam memotret.
  • Memiliki kemampuan untuk menyangga kamera pada posisi yang sulit seperti memiliki kemampuan untuk memotret di area yang rendah bahkan hampir menyentuh tanah. Juga memiliki kemampuan untuk bergerak secara vertikal dan horizontal.
  • Mudah dibawa dan lebih ringan. Mudah dikaitkan pada ransel atau tas ketika kita melakukan perjalanan ketika hunting foto.

Tripod Yang Murah

Cara Memotret Tajam

Foto ini konon memiliki ketajaman yang pas dan disukai oleh salah satu perusahan minuman dari Belanda. Menggunakan kamera DSLR Nikon dengan tripod dari produk Excell.

Saya mencoba menggeneralisir bahwa tripod yang murah dan bagus berada pada kisaran Rp 500.000,- an, atau kurang dari harga sejuta.

Tripod pada kisaran harga tersebut memiliki kemampuan yang baik dalam menyangga kamera. Jadi menurut saya jika budget terbatas, memilih tripod pada angka sekitar ini cukup baik. Beragam merk ada di area ini seperti Excell, Sirui, Benro, Manfroto adalah beberapa merk yang sudah populer.

Excell UFO  misalnya, jenis ini saya gunakan sudah lebih dari 3 tahun namun masih baik. Sering saya ajak jalan-jalan bahkan sempat diajak keliling Jawa, dari mulai Jakarta sampai Surabaya. (Saya bukan iklan Excell loh ya, tapi memang tripod ini yang saya gunakan dalam kurun waktu 3 tahun lebih). Dengan Tinggi Maksimum : 1.6 Meter, Tinggi Minimum : 0.25 Meter, Tinggi saat dilipat : 0.58 Meter, Berat Tripod : 1.5 Kg, Berat Beban Maksimum : 4 Kg tripod ini sesuai dengan kebutuhan saya. Tidak menyulitkan ketika diajak jalan-jalan untuk tripod yang harganya murah ini.

Tempat Membeli Tripod Yang Murah dan Lengkap

Banyak sekali tempat untuk menjual tripod. Toko kamera di sekitar kita sudah pasti menyediakan aneka jenis tripod yang sesuai dengan pilihan kita.

Namun jika ingin banyak pilihan untuk membandingkan satu sama lainnya serta sekaligus belanja aneka aksesoris untuk keperluan fotografi, Lazada adalah salah satu yang menyedian secara langkap. KLIK DI SINI untuk memburu tripod yang sesuai dengan kriteria atau pilihan anda.

 

Artikel yang berhubungan :

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *