Cara Memotret Tajam
Cara Memotret Tajam | Tips dan Trik Mudah Mendapat Foto Bagus
September 3, 2017
Panduan Memilih Tripod
Panduan Memilih Tripod Yang Bagus | Murah, Kokoh dan Simple
September 4, 2017

Memilih Lensa Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Dalam Fotografi

Memilih Lensa Yang Tepat

Memilih lensa yang tepat sesuai kebutuhan itu sangat mudah, karena peruntukannya sudah jelas berdasarkan teknik dan kebiasaan yang umum dalam fotografi.

Pada dasarnya tidak ada keharusan dalam sebuah fotografi termasuk dalam memilih lensa, gaya kita dalam fotografi itulah yang memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kebutuhan lensa.

Nikon D7100

Misalnya begini, konon lensa dengan focal length 85mm baik untuk potrait, namun ternyata seorang Darwis Triadi menggunakan lensa lebar untuk memotret model supaya bisa menghasilkan potrait dengan backround yang bagus. Hal ini diketahui ketika beliau memotret model do Yogyakarta dalam sebuah video yang diunggah di youtube.

Demikian pula dengan lensa 200mm misalnya banyak yang menggunakan untuk memotret keindahan bulan yang merupakan bagian dari foto lanscape.

Jadi pada dasarnya tergantung kepada sebuah gaya dan keinginan foto seperti apa yang akan kita hasilkan.

Memilih Lensa Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Lensa Fix atau Zoom.

Lensa Fix atau tetap merupakan lensa yang memiliki satu ukuran focal length misalnya 16mm, 24mm, 35mm, 50mm dst. Tidak bisa diubah-ubah. Untuk menggunakan dan membuat framing serta membidik jauh dekatnya kita harus maju mundur. Sangat cocok untuk belajar fotografi sebenarnya karena kita dibiasakan untuk selalu bergerak sesuai dengan apa kita harapkan dalam hasil sebuah foto.

Ralph Lemarchal, seorang fotografer potraits dan fashion menggunakan lensa fix karena menurut beliau lebih tajam dibanding lensa zoom. Lensa fix memberikan kesempurnaan dalam melakukan pekerjaannya, sebagaimana wawancara beliau di majalah Digital Camera. Beliau menggunakan lensa 24mm untuk memotret potraits yang memiliki nuansa liputan serta 85mm untuk potraits.

Dari sisi harga lensa fix ada yang mahal juga ada yang murah. Lensa 50mm f/1.8 hampir semua merk menyediakan dengan harga termurah. Dulu untuk canon berharga kurang dari sejuta rupiah. Sedangkah yang mahal seperti L series, misalnya yang memiliki bukaan lebar bahkan sampai f/1.2 berharga sampai puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah.

Lensa Zoom

Lenza Zoom keluaran Sigma

Lensa Zoom memiliki kepraktisan. Jauh dekat obyek dapat diukur dengan memutar lensa. Lensa kit 18-55mm adalah lensa zoom yang cukup baik untuk pemula sebagai sarana latihan untuk pertama kalinya. Karena karakter widenya dimiliki di 18mm serta untuk tele dimiliki pada ukuran 55mm.

Harganya juga sama, ada yang mahal dan ada yang murah. Lensa kit pada kamera APSC 18-55mm adalah yang paling murah untuk saat ini.

Artikel yang berhubungan : Cara Memotret Tajam.

Lensa Wide dan Tele

Lensa Wide

Lensa Wide Tokina 11-16mm f/2.8.

Lensa Wide banyak digunakan untuk lanscape photography, hal ini jangkauan yang luas sebuah pemandangan menjadi keindahan tersendiri bagi fotografer lanskap. Untuk kamera DSLR APSC sebagaimana yang saya gunakan, menggunakan Tokina 11-16mm membuat kita takjub akan hasilnya. Langit seakan berdimensi dan dekat dengan kita walau distorsi selalu membayangi lensa yang super lebar ini.

Konon disebut lensa wide jika ukuran di bawah 35mm dalam kamera APSC sedangkan untuk full frame di bawah 50mm.

Lensa Tele untuk mendapatkan kedekatan obyek sehingga yang jauh akan terlihat lebih besar. Lensa 50mm biasanya sering digunakan untuk memotret orang dalam kamera APSC.

Lensa yang memiliki panjang fokal yang lebih, kerap digunakan untuk memotret yang jauh seperti memotret burung, memotret olah raga, serta satwa liar.

Lensa Sapu Jagat atau All Around

Disebut juga lensa serba guna. Wide bisa Tele juga Ok. Misalnya yang sempat fenomenal adalah Tamron 18-270mm. Bahkan ada yang 18-300mm.

Lensa ini sangat cocok untuk berpetulang namun menginginkan lensa yang ringkas. Memotret pemandangan dan obyek yang jauh cukup hanya dengan satu lensa saja. Siap diajak dalam segala kondisi dan keperluan. Namun kekurangannya jarang yang memiliki diafragma yang besar (angka kecil).

Lensa Macro

Lensa Macro

Lensa Micro Nikon AF 60mm f/2.8D

Lensa untuk kebutuhan khusus yakni memotret dengan jarak sangat dekat. Biasanya digunakan untuk mendapatkan detil pada serangga dan bunga. Namun jenis kamera ini juga kerap digunakan untuk memotret makanan.

Ukuran yang banyak digunakan untuk memotret serangga dan bunga adalah 100mm dan 105mm. Kita akan takjub jika memotret serangga dengan menggunakan lensa ini.

Lensa Fish Eye

Lensa Fish Eye

Lensa Fish Eye keluaran Samyang

Lensa mata ikan. Lensa dengan distorsi terparah tetapi disukai karena efek distorsinya menjadi unik, melingkar atau bulat sehingga foto menjadi lain dari pada yang lain. Sering digunakan untuk prewedding yang memerlukan keunikan dalam fotonya.

Lensa Manual Focus

Lensa Manual

Helios, salah satu contoh lensa manual.

Kebanyakan lensa yang dijual adalah lensa autofocus. Namun masih ada perusahaan yang menjual lensa manual focus pada era sekarang. Andy Small adalah seorang fotografer macro yang menggunakan manual focus. Dia berujar bahwa segala sesuatu dalam memotret bukan kamera yang menentukan akan tetapi dia sendiri termasuk dalam menentukan fokus tidaknya bidikan lensa yang diarahkan ke sebuah obyek. Dia adalah penggunakan Carl Zeiss, sebuah pabrikan lensa yang juga memproduksi lensa manual sampai saat ini, yang ditancapkan ke dalam kamera Nikon miliknya.

Selain Carl Zeiss, yang cukup populer menerbitkan lensa manual adalah Samyang. Lensa ini banyak yang menyukainya. Mereka dijadikan alternatif karena lensa yang dikeluarkan oleh pabrikan kamera cenderung lebih mahal. Kamera dengan ukuran focal length dan diafragma yang sama yang dikeluarkan Samyang, harganya jauh lebih murah.

Selain lensa keluaran terbaru, lensa manual fokus banyak ditemukan pada lensa lama atau di komunitas sering disebut lensa jadul. Helios, Yakumar, Carl Zeiss, Cosinon dan banyak lagi, adalah merk lensa yang banyak ditemukan di pasaran dan kerap digunakan oleh pengguna yang mencintai lensa manual. Komunitasnya memiliki forum sendiri di lensamanual.net.

Untuk mengatur fokus tidaknya, biasanya dengan cara memutar ring yang berada pada lensa tersebut.

Lensa dari Pabrikan Pihak Ketiga.

Lensa Zoom

Lenza Zoom keluaran Sigma

Setiap pabrikan kamera misalnya Sony akan selalu memproduksi berikut lensanya. Demikian pula Canon, Nikon, Pentax, Olympus, Panasonic dan lainnya akan menghadirkan lensa-lensa terbaik dengan berbagai ukuran dan jenis atau varian yang melimpah.

Namun tidak sedikit pula pabrikan dari Pihak Ketiga yang memproduksi lensa untuk kamera-kamera tersebut. Seperti misalnya Sigma memproduksi lensa untuk Sony, Canon, Nikon dan lainnya. Selain Sigma, seperti yang saya sebutkan di atas, ada Carl Zeiss, Tokina, Tamron, Meike, Yong Nuo dan lain-lain. Misalnya biasanya pada sebuah toko menyebutkan, jika Sigma untuk Nikon, maka dalam keterangannya disebut Sigma For Nikon.

Lensa Mirrorless

Lensa Mirrorless

Lensa Mirrorless untuk Sony E Mount

Kebanyakan lensa untuk kamera mirrorless memiliki perbedaan dengan kamera untuk DLSR terutama untuk mount atau telapak dimana lensa tersebut ditancapkan ke dalam kamera. Hal ini karena pengaruh cermin yang dihilangkan pada kamera mirrorless sehingga bentuk kamera jenis ini menjadi tipis atau tidak setebal DSLR. Dikecualikan untuk Pentax K-01 yang memang didesain dengan ukuran yang sama dengan DSLR walaupun bersistem mirrorless.

Walaupun satu sama lain dapat digunakan, harus menggunakan adapter atau penyambung yang khusus dibuat sesuai dengan mount pada kamera tersebut. Misalnya lensa Canon akan ditancapkan pada kamera Sony A6000, maka kita harus memiliki adapter yang sesuai Canon to Sony E-Mount.

Jadi pastikan ketika akan membeli lensa harus ada kesesuaian sistem atau mount.

Artikel terkain : Kamera Mirrorless.

Tips Memilih Lensa Yang Tepat Bagi Pemula

Memilih Lensa Yang Tepat

Lensa Kit Nikon

Ketika anda sudah memiliki DSLR atau Mirrorless saya menyarankan menggunakan lensa kit terlebih dahulu. Dengan menggunakan lensa kit, lama kelamaan akan menemukan gaya anda dan kebutuhan apa yang sesuai dengan gaya kita dalam memotret.

Ketika sudah terbiasa, kelak akan menemukan kesukaan kita. Misal kita lebih tertarik pada foto fashion maka kita akan menentukan lensa yang tepat dan nyaman. Apakah lebih memilih lensa zoom atau fix dengan ukuran dimana kita menentukannya akan lebih mudah.

Pada saat belajar, selain menemukan cara memotret yang bagus, juga dapat menentukan karakter kita dalam memotret, hal ini akan berpengaruh pada kemudahan dalam menentukan lensa dan aksesoris tambahan apa yang harus diadakan segera untuk mendapatkan foto yang lebih baik lagi.

Artikel Yang Layak Dibaca : Kamera DSLR Semi Pro

Dimana Tempat Membeli Lensa Yang Baru?

Tempat Menjual Lensa Secara Online

Banyak sekali tempat membeli lensa, baik online atau offline.

Jika tersedia toko kamera di sekitar dimana kita tinggal, maka saya merekomendasikan untuk membeli di toko tersebut. Kita dapat melihat lensa yang kita beli dengan jelas dan tegas bahkan bisa mencobanya untuk toko tertentu.

Namun jika tidak tersedia, toko online saat ini bertebaran di jagat maya ini yang menyediakan lensa yang tepat sesuai kebutuhan. Tentu saja kita memilih toko yang memiliki reputasi yang baik dan lengkap sehingga kita bisa melihat ketersediaan dan jika akan membeli kebutuhan lain bisa one stop shopping.  Semua yang kita beli akan dikirim sampai rumah melalui jasa kurir yang terpercaya.

KLIK DI SINI untuk membeli lensa yang tepat dan kebutuhan fotografi lainnya, kita akan disuguhkan aneka peralatan fotografi yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *