Memilih Kamera Untuk Belajar Fotografi
Memilih Kamera Untuk Belajar Fotografi Bagi Pemula
July 25, 2017
4 Kamera DSLR Semi Pro Yang Pernah Saya Gunakan
September 2, 2017

3 Kamera Mirrorless Murah Untuk Pemula Yang Pernah Saya Gunakan

3 Kamera Mirrorless Murah

3 Kamera Mirrorless Murah ini sangat menarik perhatian saya ketika era tanpa cermin ini sedang ramai dan saya lebih memilih untuk pemula ketika berkenalan dengan kamera jenis ini karena untuk kegiatan professional, saya masih memilih kamera DSLR.

Ketika kita membutuhkan kamera yang simple namun berkualitas yang setara dengan DSLR, mirrorles menjadi pilihan. Beruntung dan berterima kasih kepada pabrikan yang memberikan pilihan kepada keinginan sebagian pengguna kamera untuk memilih yang mudah digunakan dan dibawa-bawa terutama untuk mengabadikan perjalanan.

Oh ya, kasih alasan dulu, bagi sebuah kamera, terbilang murah saat ini berada di kisaran harga Rp 5 juta ke bawah termasuk pasaran dalam kondisi seken. Dan kamera yang saya gunakan ini juga tidak melulu milik saya pribadi, dan ada yang milik orang lain.

Artikel yang layak dibaca terlebih dahulu : Darimana Mulai Belajar Fotografi?

Baiklah … Ini …

3 Kamera Mirrorless Murah Untuk Pemula Yang Pernah Saya Gunakan

Olympus E-Pl3

Olympus E-Pl3

Kamera mirrorless pertama yang saya gunakan pada tahun 2014. Saya betah menggunakan kamera ini karena simple dan focusing yang cukup cepat, simple dan mudah digunakan. Warna juga menarik serta mudah untuk retouching di lightroom, karena kebetulan saya suka sekali menggunakan RAW dan processing melalui software.

Ketertarikan pada Olympus karena iklan Darwis Triadi di Majalah Digital Camera yang selalu hadir di halaman akhir. Saya jadi penasaran dan ingin mencobanya.

E-Pl3 termasuk kamera yang berada pada deretan menengah ke bawah di jajaran Olympus. Seri OMD tentu saja yang terbaik dan Flagship saat ini dipegang oleh OMD EM1  kalau tidak salah. Om Darwis saya lihat menggunakan kamera ini dalam setiap kegiatan fotografinya.

Untuk spesifikasinya silakan googling aja ya. Yang jelas perlu saya sampaikan kalau Olympus ini memiliki sensor yang lebih kecil. Sering dengan sebutan micro four third.

Dan saat ini kelihatannya kamera Olympus E-Pl3 ini sudah diskontinyu dan beredar di pasaran seken yang harganya sudah berada kurang dari 3 juta, setidaknya sampai saat ini ketika saya coba melihatnya di Bukalapak.

Ini contoh hasilnya yang saya foto beberapa tahun yang lalu.

Hasil Olympus Epl3

Hasil setelah melalui post processing di Photoshop untuk saturasi, warna, cahaya

Pentax K-01

Pentax K-01

Untuk ukuran mirrorless bodynya bongsor tapi keren.

Jatuh cinta pada Pentax ketika saya memiliki Pentax K-5 yang melebihi ekspektasi saya. Warna yang mengagumkan pada Pentax K-5 kelihatannya sensornya diadopsi pada Mirrorless Pentax K-01. Ukuran sensor APSC yang konon dari beberapa informasi yang saya peroleh memiliki kesamaan dengan Pentax K-5 yang fenomenal di era tahun 2012 menjadikan hasil gambar dan warna sangat menarik dan natural.

Kekurangannya badannya yang gemuk mungkin karena mekanik yang memberikan keleluasaan pada lensa yang sama dengan DSLR Pentax dengan K-mountnya. Namun dari kondisi ini keleluasaan menggunakan lensa-lensa pentax yang sudah teruji kualitasnya menjadi kelebihan lain dari mirrorless yang juga kelihatannya sudah diskontinyu ini.

Kekurangan lainnya fokus tidak cepat kadang sulit di area yang minim cahaya.

Di pasaran seken cukup sulit untuk mendapatkan kamera ini. Ini berarti bisa jadi bahwa kamera ini banyak yang menyayanginya.

Contoh hasil menggunakan kamera Pentax K-01 sebagaimana gambar di bawah :

Contoh hasil Pentax K-01

Fujifilm X-M1

3 Kamera Mirrorless Murah

Ini adalah kamera unik menurut saya. Badan yang mungil namun memiliki kemampuan menghasilkan gambar yang baik. Warna khas fujifilm yang dihasilkan dari sensor Xtrans yang banyak diperbincangkan oleh pada pengamat kamera karena kualitasnya dalam menangkap gambar dan warna serta ketajaman yang memukau. Saya menyukainya.

Pengaturan juga sama dengan mirrorless di atas sehingga saya tidak perlu banyak menyesuaikan, paling tidak hanya tombol-tombol yang masih sederhana seperti untuk pengaturan ISO misalnya yang masih harus masuk ke area MENU.

Akan tetapi sampai saat ini saya agak kesulitan untuk mendapatkan fokus yang cepat dan menangkap benda bergerak apalagi pergerakannya yang cepat. Konon kondisi ini diakui dan jika ingin memperoleh kesempurnaan fitur ini, akan lebih baik memilih kasta yang ada di atasnya seperti XT10, XT1 , XT2 atau XT20.

Di luar itu … menurut saya kamera ini sempurna untuk diajak jalan-jalan, memotret pemandangan, memotret benda yang diam dan lainnya.

Hasil Fujifilm X-M1

Sedikit sentuhan photoshop untuk cropping, saturasi dan warna.

Oh ya, selain itu, format RAW sangat mudah diolah di Lightroom 5.2 dan ini yang membetahkan saya sehingga saya tidak ragu untuk menjepret dalam kondisi apapun karena jika ada kekeliruan dalam setting akan mudah dikoreksi di software tersebut.

Tips Memilih Kamera Mirrorless

Pastikan sesuai dengan budget dan kebutuhan karena akan berhubungan dengan harga dan featurenya. Karena pada dasarnya seluruh kamera diciptakan untuk menghasilkan gambar yang baik. Biasanya kebutuhanlah yang akan membedakannya. Seperti misalnya, jika kita sering memotret olah raga maka dibutuhkan kamera yang memiliki fokus yang cepat.



 

Dimana Tempat Membeli Kamera Mirrorless Yang Aman?

Tentu saja di toko kamera terdekat yang resmi menjual aneka produk kamera dari berbagai merk. Namun demikian, toko online juga dapat dijadikan alternatif karena kadang di toko online yang besar kita mendapat informasi yang lebih banyak selain dalam keamanan belanja jangan diragukan.

KLIK DI SINI untuk dapat memilih dan membeli kamera mirrorless dengan aman dan nyaman secara online. Keterangan dan spesifikasi lengkap akan memudahkan anda untuk menentukan pilihan kamera mirrorless yang tepat bagi anda.

Lainnya dapat dibaca : Memilih Kamera Untuk Belajar Fotografi.

Sebagaimana saya sarankan dalam Pelatihan Fotografi. 

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *