Kampus Unisbank Semarang
Pelatihan Fotografi dan Media Sosial di Kampus Unisbank Semarang
July 23, 2017
3 Kamera Mirrorless Murah
3 Kamera Mirrorless Murah Untuk Pemula Yang Pernah Saya Gunakan
August 21, 2017

Memilih Kamera Untuk Belajar Fotografi Bagi Pemula

Memilih Kamera Untuk Belajar Fotografi

Memilih Kamera Untuk Belajar Fotografi Bagi Pemula adalah salah satu materi yang saya sampaikan pada pelatihan fotografi di Unisbank Semarang, dimana Ganitri Photography yang menyediakan Jasa Fotografi Solo menyampaikan beberapa tips membuat foto yang bagus, yang  mungkin dapat berguna bagi para pembaca yang mungkin mampir ke mari.

Pada dasarnya konon tidak pernah disebutkan dalam setiap spesifikasi kalau ada kamera untuk pemula. Namun lebih kepada harga yang lebih bersahabat dengan fitur yang tidak selengkap seperti kamera yang diperuntukkan untuk kamera dengan harga di atasnya.

Namun demikian, okelah  kita mencoba memilah beberapa kamera yang memang cocok untuk pemula dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Artikel terkait : Pelatihan Fotografi dan Media Sosial di Kampus Unisbank Semarang.

Memilih Kamera Untuk Belajar Fotografi

motret dengan riang

Secara umum dapat ditentukan sebagai berikut :

Pilih sesuai dengan budget yang tersedia.

  • Harga tidak bohong, katanya. Semakin mahal kamera semakin baik terutama dari sisi fitur. Jika dana bagi anda tidak bermasalah, maka yang memiliki spesifikasi yang lebih lengkap tentu saja lebih baik. Keuntungan lainnya adalah sedikit menolong keinginan untuk upgrade kelak. Ingat, hobby kadang menjadi racun terutama bagi yang doyan belanja.
  • Jika budget yang sudah disediakan seadanya dan ingin mendapatkan kamera yang diinginkan, kita dapat melirik pasar second.  Banyak sekali kamera yang masih layak bahkan senderung masih baru bertebaran di pasar second. Anda bisa melirik group facebook, kaskus, bukalapak, tokopedia dan lainnya untuk berburu. Namun tetap saja saya menyarankan untuk membeli yang baru yang sesuai dengan budget yang anda miliki.

Pilih Yang Dilengkapi Lensa Kit

  • Pilih dengan menggunakan lensa kit supaya kita terbebas dari keharusan mendapatkan lensa tambahan. Lensa kit sudah cukup mumpuni untuk mendapatkan foto yang baik dan tajam. Biasanya ukurannya 18-55mm, 16-50mm dengan bukaan atau diafragma f/3.5-5.6.
  • Kelebihan menggunakan lensa kit, kita tidak khawatir untuk belajar segala macam jenis fotografi. Jika terjadi kerusakan ketika melakukan proses pembelajaran, kita dapat menggantinya dengan harga yang relatif lebih murah.

Pilih Yang Memiliki Modus Manual

Memilih kamera untuk belajar fotografi tidak melulu harus DSLR atau Mirrorless yang saat ini sedang naik daun. Namun kamera saku dan prosumer kini dapat menghasilkan foto yang baik. Namun saran saya, pastikan memiliki modus manual, supaya dapat mempelajari secara lebih dalam lagi terutama dalam pencahayaan, karena esensi fotografi adalah menangkap objek dengan cahaya.

Melihat Kamera Milik Kelompok Fotografi

Jika anda bergabung dengan sebuah kelompok fotografi untuk mempelajarinya, dapat melihat kamera apa yang lebih banyak digunakan pada kelompok tersebut. Hal ini akan memberikan keuntungan dengan mencoba beberapa lensa dan aksesoris lainnya ketika suatu saat anda membutuhkannya.

Membeli Di Toko Yang Tepercaya

Pastikan anda membelinya di toko yang memiliki reputasi yang sangat baik baik secara online maupun offline. Jika anda akan membeli di sebuah toko offline di kota anda, secara umum kamera tidak dilengkapi dengan memori dan anti gores. Kedua ini cukup penting untuk dijadikan tambahan belanja anda untuk menjadikan kamera anda akan segera difungsikan untuk belajar fotografi.

Beberapa Jenis Kamera Untuk Pemula.

Kamera Saku dan Prosumer

Memilih Kamera Untuk Belajar Fotografi

  • Kamera jenis ini adalah kondisi dimana lensa dan kamera menyatu sehingga lensa tidak dapat diganti-ganti. Hampir semua merk kamera yang beredar di pasaran memiliki jenis kamera ini. Keuntungannya adalah simple atau praktis. Tidak direpotkan dengan buka pasang lensa pada kamera.
  • Kelemahannya tentu saja kita tidak bisa leluasa belajar dengan pilihan lensa yang bertebaran di jagat fotografi.
  • Namun secara keseluruhan, kamera jenis ini dapat menghasilkan foto yang bagus.
  • Sekali lagi saran saya untuk memilih dengan tersedianya mode Manual supaya lebih leluasa dalam belajar fotografi.

Kamera DSLR

cara motret supaya hasilnya tajam

Hampir semua merk kamera DSLR menyediakan untuk entry level. Nikon menyediakan seri D3000 – D5000 dengan update terbarunya seperti D3500 atau D5500. Canon meluncurkan dari mulai seri 1200D – 750D dan lain-lain. Demikian juga Pentax, Sony dan lainnya.

Kamera Mirrorless

Memilih Kamera Untuk Belajar Fotografi

Sedang in karena terkenal dengan mungil, simple dan menarik dipandang. Beberapa dibuat dengan gaya retro atau gaya kamera model lama yang menarik. Untuk pemula yang sedang in dan banyak digunakan seperti Sony A5000 dan A5100, Fujifilm yang terbaru menelorkan X-A3 dengan berbagai kelebihannya. Demikian pula dengan Olympus dan Panasonic memiliki kamera entri level yang canggih dan terkenal dengan ketajamannya.




Kamera ini menurut saya luar biasa. Tidak kalah dengan DSLR yang sudah lebih dulu populer dan kerap digunakan oleh mereka yang sudah mahir di dalam fotografi. Misalnya, Darwis Triada, Icon Fotografi Indonesia ini menggunakan Olympus untuk kegiatannya memotret.

Itulah sedikit tips Memilih Kamera Untuk Belajar Fotografi Bagi Pemula, semoga bermanfaat bagi pengunjung yang kesasar kemari.  Selanjutnya tinggal menggunakannya sampai mendapatkan foto yang baik.

Artikel yang terkait : Darimana Mulai Belajar Fotografi?

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *