Membuat Judul Foto
Membuat Judul Foto | Memberi Tema | Sering Serba Salah Loh!!!
April 5, 2017
Memilih Kamera Untuk Belajar Fotografi
Memilih Kamera Untuk Belajar Fotografi Bagi Pemula
July 25, 2017

Pelatihan Fotografi dan Media Sosial di Kampus Unisbank Semarang

Kampus Unisbank Semarang

Saya mendapat kesempatan untuk menjadi narasumber pada Pelatihan Fotografi dan Media Sosial di Kampus Unisbank kependekan dari Universitas Stikubank Semarang. Thema yang diusung adalah Membuat Foto Yang Bagus, dengan dasar untuk keperluan bisnis dan pemasaran di media sosial.

Diikuti oleh 20 peserta yang cukup antusias mengikuti jalannya pelatihan yang berlangsung selama 3,5 jam ini, saya mencoba mengutarakan beberapa cara menilai foto. Tentu saja secara umum menurut pandangan teori fotografi yang sebelumnya pernah saya terima.

Pelatihan Fotografi di Kampus Unisbank Semarang

Kampus Unisbank Semarang

Kampus Universitas Stikubank Semarang yang megah.

Dalam rangka IPTEK bagi Kewirausahaan (IbK) Tahun Kedua Universitas Stikubank, pada tanggal 21 Juli 2017 mengadakan sebuah pelatihan bagi mahasiswa peminat wirausaha di kampus tersebut dengan tema membuat foto yang bagus yang dikhususkan untuk pemasaran khususnya untuk media sosial seperti facebook dan instagram.

Pelatihan ini bertempat di Lab Komputer Fakultas Teknologi Informasi yang berada di lantai 4 Kampus Unisbank, di Jl. Tri Lomba Juang, Semarang.

Dimulai pada pukul 13.30 yang diawali pengantar dari Panitia, yang ternyata bahwa pelatihan ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Stikubank kepada para mahasiswa dan masyarakat yang berminat untuk pelatihan wirausaha.

Sangat menarik, mengingat para mahasiswa yang berminat berusaha mandiri mengikuti rangkaian pelatihan ini untuk keberhasilan mereka dalam memasarkan produknya.

Materi Pelatihan

Membuat Foto Yang Bagus

Materi Pelatihan yang coba saya sampaikan adalah Membuat Foto Yang Bagus menurut ukuran teknik fotografi secara umum, antara lain :

  • Membuat foto yang tajam
  • Teknik supaya tidak over dan under eksposur
  • Tentang white balance dan warna
  • Komposisi
  • Pengantar olah digital atau editing foto.
Workshop Fotografi

Peserta sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan

Tentu saja masih kurang optimal materi tersebut disampaikan dalam waktu yang hanya 2.5 jam saja. Para peserta diharapkan untuk terus mempelajari lebih lanjut melalui sumber-sumber yang dapat diperoleh dengan mudah seperti buku, majalah dan internet. Atau bahkan mengikuti pelatihan lebih lanjut.

Pelatihan Fotografi

Hasil motret salah satu peserta pelatihan yang saya sukai.

Satu jam berikutnya pembahasan mengenai optimisasi media sosial dalam hal ini Facebook dan Instagram. Materi yang disampaikan adalah bagaimana mengoptimalkan media sosial sebagai bagian dari pemasaran produk yang sudah berupaga gambar atau foto yang dibuat sehingga mendapat tanggapan yang baik dari pengguna media sosial tersebut.

Ini adalah pengalaman yang menarik bagi saya sebagai pemilik Ganitri Photography yang menyediakan layanan Jasa Fotografi Solo dan sekitarnya memasuki dunia kampus untuk berbagi pengalaman dalam membuat foto yang bagus mapun ketika mengelola media sosial untuk berjualan. Kebetulan saya sendiri sebagai pengelola bisnis toko online di Batik Ganitri.

Pelatihan Fotografi di Semarang

Seluruh peserta berfoto bersama.

Saya sendiri sangat senang untuk berbagi kepada masyarakat tentang pengalaman memotret selama ini. Bagi yang berminat untuk melakukan bimbingan fotografi khususnya untuk pemula dapat menghubungi saya melalui kontak.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *