Darimana Mulai Belajar Fotografi?
Darimana Mulai Belajar Fotografi? | Catatan Pengalaman Saya
March 22, 2017
Kampus Unisbank Semarang
Pelatihan Fotografi dan Media Sosial di Kampus Unisbank Semarang
July 23, 2017

Membuat Judul Foto | Memberi Tema | Sering Serba Salah Loh!!!

Membuat Judul Foto

Membuat Judul Foto, atau juga memberi tema tak ada pakem atau keharusan bahkan tidak dikasih judulpun tidak apa-apa, kecuali untuk memberikan penjelasan. Jika bukan itu maksudnya, kadang suka serba salah. Maklumlah, orang kan banyak sekali menilai, bukan hanya pada keindahan fotonya atau cara membuatnya, akan tetapi pada judul bahkan pada deskripsi jika foto menghadirkan penjelasan.

Ya, liku-liku ketika foto diupload di blog atau media sosial. Kita akan menghadirkan banyak komentar yang menilai baik, menilai buruk atau kritik dan masukan.

Membuat Judul Foto

Foto ini aku kasih judul “Asal Mangap”.

Cerita Tentang Membuat Judul Foto

Paling tidak beberapa kali saya menerima komentar tentang judul sebuah foto. Ada yang negatif, ada yang lucu padahal saya tak bermaksud melucu, ada juga yang positif.

Saya sendiri kadang bingung membuat sebuah judul foto, terlebih ketika baru-barunya belajar fotografi. Saat itu kan apa aja dijepret, dan mau tidak mau di medsos kita menyantumkan judul dan deskripsi. Polos dowang juga kadang jadi masalah.

Oke deh, yuk lihat pengalaman saya mendapat komentar tentang Judul foto ini.

Positif

Tajam

Mendapat tanggapan yang menarik ketika saya mengupload foto di atas. Foto ini saya ambil ketika diupload dalam sebuah group fotografi. Saya kasih judul “Tajam”. Salah seorang berkomentar, sesuai dengan judulnya.

Lensa Favorit

Demikian pula dengan foto ini, bahkan ada yang sms ketika saya mencantumkan judul “Lensa Favorit”, karena menurut saya memang lensa bagus. Dan banyak yang mengakui kehebatan lensa ini. Jadi mereka seakan mendukung aku kasih judul itu.

Negatif

Aiko

Foto anak saya ini saya kasih judul “Bercanda dengan Boneka” dalam sebuah group fotografi juga. Kritik dari penggemar ha ha, “polos amat kasih judul”. Ya, emang polos karena saat itu anak saya Aiko baru saja mendapatkan mainan baru berupa boneka, kemudian dia sendiri omong-omongan seakan lagi bercanda. Bener sih, terlalu seadanya. Lain cerita kali ya jika dikasih nama, “Teman Baru”.

Lucu

Membuat Judul Foto

Foto ini saya kasih judul “Nyelup”. Namun bukan di medsos, tetapi waktu diskusi belajar bersama motret ketika saya di Bandung dulu. Ada yang ngakak .. dianggap lucu. Tanggap pemirsa di blog ini, lucu gak!!! … Saya jadi terpancing ngeresss dah wkwkwkwk. Maksudnya kan memang lagi proses pencelupan. 🙂

Nah mungkin di antara teman-teman ada yang bingung kasih judul foto. Dari beberapa masukan, ke saya, yang terpenting adalah mainkan imajinasi terhadap foto tersebut. Tidak terlalu polos, tidak terlalu aneh-aneh juga. Yang penting nyambung antara judul, deskripsi dengan foto yang ditampilkan. Itu yang saya terima tips, dari salah satu pendulum saya.

Artikel yang berhubungan : Dari mana Mulai Belajar Fotografi?

Ada masukan lain tentang bagaimana membuat judul foto yang baik dan benar?

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *