Plugin Ongkos Kirim JNE
[Review] Plugin Ongkos Kirim – Shipping Kurir Indonesia
November 18, 2016
Darimana Mulai Belajar Fotografi?
Darimana Mulai Belajar Fotografi? | Catatan Pengalaman Saya
March 22, 2017

Indikator Kesuksesan Sebuah Blog | Penting atau Tidaknya Tetap Tergantung Pemiliknya

Indikator Kesuksesan Sebuah Blog

Indikator Kesuksesan Sebuah Blog bagi saya tetap penting kendati tidak melulu ditujukan untuk monetize, akan tetapi untuk mengukur sejauhmana blog kita dapat bermanfaat di dunia maya ini. Masalah mendapat penghasilan atau pemiliknya menjadi populer, itu adalah sebuah dampak atau konsekuensi dari blog tersebut.

Beberapa waktu yang lalu sempat dihebohkan dengan turunnya alexa para pemilik blog yang sudah banyak malang melintang di dunia blogging. Tidak terkecuali dengan mereka yang blognya populer dengan visitor ribuan bahkan mereka mendapat penghasilan yang tinggi.

Blog ini jelas jauh dari sukses jika melihat indikator yang akan saya uraikan. Makanya menjadi bahan instrospeksi juga dan kini akan mulai lagi dirawat. Semoga saja tidak turun naik he he.

Sedikit tentang Indikator Kesuksesan Sebuah Blog

Visitor

Visitor

Blog baru dengan visitor segini sudah lumayan. Semoga kelak akan membaik dan sukses dalam blogging dengan visitor dan pageview yang menarik di mata 🙂

Secara umum, visitor yang banyak adalah yang dikejar oleh kebanyakan blogger. Jika teman-teman berkawan dengan para blogger di facebook, banyak sekali yang memperlihatkan screenshot tentang statistik mereka. Dari mulai yang ratusan, ribuan bahkan puluhan ribu sampai saya pernah menemukan yang ratusan ribu. Sangat menarik.

Intinya visitor yang banyak memberikan kebahagian tersendiri. Seakan kita tidak sia-sia membuat blog dan dikunjungi banyak orang.

Untuk melihat jumlah visitor ini kita bisa melihatnya melalui statistik yang dipasang baik lewat penyedia layanan pihak ketiga seperti histats, sitemeter dan banyak yang lainnya, atau jika wordpress dapat melakukannya dengan menambahkan plugin statistik yang tersedia banyak di konter plugin.

Bagi sebagian banyak orang, untuk mendapatkan visitor ini, mereka mempelajari apa yang disebut dengan Search Engine Optimization (SEO), atau Optimisasi Mesin Pencari, supaya dengan melakukan upaya ini blog mereka dengan konten yang dibuat akan mendapat tempat di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex dan lain-lain.

Bagi yang ingin mengenal SEO dapat dibaca Pengantar SEO.

Peringkat Alexa

Sejak saya ngeblog pertengahan tahun 2009, Alexa ini sering menjadi bidikan kawan-kawan blogger dan pemilik web. Semakin kecil nilai Alexa maka semakin baik. Dulu sering menyebutnya dengan istilah merampingkan Alexa supaya menjadi semakin langsing.

Nilai Alexa ini masih bisa diakali, namun kelihatannya algoritma Alexa berubah makanya banyak yang melorot tajam (asumsi sementara saja ya karena masih dalam tahap diskusi fenomena alexa ini). Jadi intinya, salah satu blog sukses adalah blog yang nilai Alexanya kecil. Perlu perjuangan untuk menembus di bawah nilai 100.000 saat ini. Kalau dulu gampang banget.

Bounce Rate Yang Kecil

bounce rate

Blog dengan nilai seperti ini sudah lumayan, dimana rasionya 26%, mereka membuka 13 halaman dan tinggal di blog kita lebih selama 43 menit lebih, pertanda mereka betah di blog kita.

Bounce Rate adalah rasio pengunjung yang hanya membuka satu halaman setelah itu meninggalkannya dengan visitor yang datang. Jika hasilnya mungil, maka akan bagus. Ini sebagai pertanda yang membuka halaman lebih dari satu atau dua halaman ke atas sangat banyak. Artinya, pengunjung blog mendapatkan beberapa artikel yang bermanfaat atau yang disukainya.

Cara menghitungnya mudah kok, yaitu jumlah pengunjung yang membuka 1 halaman saja dibagi dengan jumlah visitor yang datang dikali 100%.

Data ini diambil dari statistik visitor yang dipasang. Atau lebih mudah lagi pasang saja Google Analytic di blog atau web kita.

Eh iya, satu lagi, bounce rate ini juga bisa dilihat di Alexa, kita tinggal masukkan saja nama blog atau web kita maka akan menemukan analisis yang ditampilkan salah satunya adalah bounce rate. Hanya saja, jika dibandingkan dengan Google Analytic nilainya kadang lebih kecil. Misalnya jika di Alexa kita mendapat nilai 28%, di Google Analytic dapat 50%. Gak kebayang jika di Alexa kita memperoleh 80% ya he he.

Mendapat Pelanggan Tetap Yang Banyak

pelanggan blog

Istilahnya ada yang disebut dengan pelanggan RSS, Really Simple Syndication. Sebuah alat untuk memperoleh konten terbaru dari pelanggan blog atau web sehingga mereka mendapat pemberitahuan secara otomatis kalau ada update blog. Semakin banyak tentunya semakin bagus karena pelanggan akan bergegas ke blog kita ketika muncul di alat yang dimiliki mereka, misalnya Feedly.

Selain itu juga pemberitahuan lewat email untuk mendapatkan pelanggan ini dengan apa yang disebut dengan istilah List Building.

Kini semakin banyak cara untuk mendapatkan pemberitahuan langganan ini seperti lewat Fans Page, Pengikut di Google +, Twitter dan lain-lain.

Ini sebagai dampak dari pandai Memilih Topik Yang Bagus dan Mengemasnya dengan Baik sehingga blognya banyak disukai.

Apresiasi atau Penghargaan

cihuy

Ya, jika blog kita sukses maka tidak sedikit yang akan memberikan penghargaan baik di antara blogger sendiri, menjadi pembicara, mendapat apresiasi dari berbagai media seperti koran bahkan televisi. Banyak yang sudah memperoleh penghargaan seperti ini.

Demikian juga dengan mengikuti lomba, tentu saja yang jawara bisa disebut sukses.

Intinya sih blog sukses menurut saya :

Blog visitornya banyak, dan visitor tersebut betah berlama-lama di blog kita karena mendapat manfaat dari konten yang disediakan.

Sementara itu dulu, silakan dishare jika bermanfaat, ya!!

 

 

 

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *