1 juta domain
[Review] Mendapatkan Domain dan Hosting Gratis
November 2, 2016
Revolution Slider Plugin
Cara Membuat Foto Slider di Web atau Blog dengan CMS WordPress
November 10, 2016

Berapa Biaya Membuat Web Toko Online ?

Biaya membuat toko online

Sesorang bertanya melalui inbox Facebook, “Berapa biaya membuat web toko online?” Jawaban saya simple, karena terlalu panjang, maka saya coba posting di blog dan nanti saya kirimkan linknya.

Banyak sekali faktor mahal atau tidaknya sebuah toko online dan bagi saya faktor tersebut sangat mutlak akan memberikan pengaruh terhadap besar kecilnya biaya. Mari kita lihat 🙂

Tokonya Besar atau Kecil ?

Besar yang saya maksud adalah sekelas marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak misalnya yang sekarang sedang ngetop. Jika kecil, tentu saja hanya memuat beberapa produk yang kita miliki.

Bagi kelas yang besar seperti yang saya sebutkan tadi tentu saja memerlukan dana yang besar, selain untuk desain, pengelolaan serta server yang sangat besar. Saya sendiri tidak tahu jika total server yang digunakan. Saya baru mengalami sekelas Dedicated Server seharga 350USD sebulan (itupun punya boss saya). Dan saya yakin, kalau Toped dan Bukalapak menggunakan lebih dari itu.

batik ganitri

Tampilan muka BatikGanitri.Com

Jika kelas kecil dengan ukuran minimalis seperti Toko Online Batik Ganitri, saat ini menggunakan share hosting sudah cukup. Visitor juga kurang dari 1000. Namun hemat saya jika membuat toko online paling tidak menggunakan VPS. Terasa sekali kecepatannya serta dapat menyimpan file yang cukup besar.

Mari kita rinci ya beberapa komponen biaya yang penting untuk membuat toko online :

Domain

Domain ini ada yang gratis, murah dan mahal. Dalam program 1 juta domain Batik Ganitri juga mendapat fasilitas ini dan memilik dot co dot id, saat ini diberi nama Butik Batik Online dengan url batikganitri.co.id. Yang murah meriah seharga 1 USD juga ada. Seperti .club di Namecheap dihargai 0.88USD untuk 1 tahun pertama. Namun yang mahal juga banyak … sampai tidak terhitung lah.

Namun untuk bahasan kali ini, saya mencoba untuk yang normal dengan ekstensi yang populer yaitu dot com. Untuk normalnya jika dirupiahkan rata-rata akan menemukan angka Rp 130.000,- . Disebut normal karena ada yang tidak normal. Yakni domain dengan nama unik yang ragam harganya dari ratusan ribu sampai milyaran.

Hosting

Nah, ini termasuk yang penting untuk dipertimbangkan karena pengaruhnya cukup banyak. Akan tetapi mari kita kerucutkan supaya mudah memutuskan adalah sejauhmana produk yang akan kita tayangkan. Hubungannya dengan konten terutama gambar yang jelas dan tajam yang kadang memerlukan resolusi yang baik dimana konsekuensinya adalah filenya akan besar. Banyaknya produk yang akan kita upload akan semakin besar kebutuhan kapasitas hosting. Batik Ganitri yang masih belum mencapai 1000 produk dan diperkirakan sampai saat ini memiliki 370 produk dan belum diupload semua, saya coba siapkan sampai 5GB space hosting.

Taruhlah sama dengan kondisi Batik Ganitri yang akan dipilih, dan mari kita lihat di sebuah perusahaan web hosting, dengan kapasitas 4 GB seharga Rp 570.000,- setahun (11/8/2016).

Namun sebaiknya, jika toko kita ini akan serius, memilih VPS adalah langkah yang cukup baik.

Pilihan Content Management System.

Banyak pilihan untuk kategori ini dan biasa disingkat CMS. Ada yang gratis dan ada yang bayar. Saya sendiri pernah mencoba untuk pilih-pilih yang nyaman sebagaimana saya sampaikan di 4 CMS Toko Online. Namun saya kembali beralih ke WordPress. Karena Batik Ganitri belum besar-besar amat jadi memilih wordpress menurut saya cukup tepat. Lagian cara membuat toko online dengan WordPress relatif lebih mudah dan simple. Jadi, kita pilih menggunakan wordpress saja. Dan ini ….. Gratisss.

Themes.

Nah ini yang termasuk penting. Tampilan itu harus bagus. Kesan pertama sungguh menggoda. Walau banyak themes gratis baiknya gunakan yang premium biar oke. Buat bisnis kok ya, investasi dikit gak masalah lah. Tidak sampai jutaan untuk premium di berbagai marketplace yang ada. Di Themeforest harganya kurang lebih 56 – 70 USD. Jika dirupiahkan anggaplah sekitar Rp 800.000,- . Ini pilihan yang moderat. Kurang lebihnya ya segitulah. wkwkwkwk.

Plugin.

Batik Ganitri menggunakan Woocommerce. Plugin ini gratis. Untuk ukuran standar dirasa cukup. Maksudnya jika transaksi hanya melalui kontak dalam bentuk telepon, SMS, WA, BB, atau disebut manual. Demikian pula ketika cek tarif ongkos kirim, maka hanya yang standar ini sudah dirasa cukup.

Namun, biaya akan bunyi jika kita menggunakan plugin premium. Minimalnya untuk ongkos kirim lah sebagai awal sehingga kita bisa otomatis ketika pembeli menyematkan lokasi penerimaan barang. Plugin Shipping berbayar ini ada versi untuk kurir di Indonesia. Harganya sekitar 300 ribuan. Harga ini termasuk murah. Bayangkan jika secara manual kita memasukkan kecamatan di seluruh Indonesia. Bisa gempor kita wkwkwk.

Courier Icons

Jadi kita sisihkan biaya untuk membeli plugin ini. Biar toko mini kita tambah keren, pengunjung juga langsung tahu biaya yang harus dikeluarkan. Top kan ?

Install, Setting dan Desain.

Nah … ini juga penting loh. Jika anda kurang mahir dalam instalasi toko online berbasis wordpress ini maka mau tidak mau kita harus menyerahkannya kepada pihak ketiga.

Saya merasakan membangun toko online ini tidak cukup 1 hari. Ketika membangun Toko Online Batik Ganitri, dalam waktu 2 hari dikebut ya masih ada pembenahan di hari-hari berikutnya. Selain butuh daya kreasi dan tenaga, juga kadang perlu teliti mengecek sistem supaya berjalan dengan lancar.

Sekali lagi jika harus diserahkan kepada pihak ketiga, tentu saja ada biaya. Sulit juga untuk menentukan di sini, karena tergantung kesulitan toko yang akan kita bangun serta kerumitan desain yang diinginkan supaya tampil lebih cihuy. Namun okelah kita tentukan yang sederhana dan moderat akan tetapi enak dilihat dan rapi. Maka harga Rp 500.000,- adalah harga yang wajar. Jungkir baliknya itu loh.

Lain-lain.

Jika anda juga membutuhkan pernik-pernik yang penting untuk ditampilkan, seperti logo toko misalnya maka tentu saja ada biaya. Dan ini tidak terbatas juga jumlahnya. Jika desainnya kepada desainer terkenal .. entah berapa harga yang harus dibayarkan. Tapi mari kita lihat di market place. Ada yang murah sekitar 25USD dengan pekerjaan 2 – 3 hari dan masa revisi hanya 3 kali. Di Fiverr tempatnya. Kita rupiahkan saja biar gampang ngitungnya, Rp 350.000, saja ya.

Andaikata kita mengisi konten kepada pihak ketiga maka inipun tidak terlepas dari biaya. Terbayang jika anda punya produk ribuan kan ? Maka kita akan menyerahkan kepada pihak ketiga jika. Namun karena besaran ini relatif, jadi tidak kita hitung lah. Saya tulis supaya ada gambaran saja untuk komponen biaya yang harus dipersiapkan.

Mari kita rekap.

No Uraian Harga
1 Domain  Rp   130.000
2 Hosting Rp 570.000
3 Themes Rp 800.000
4 Plugin Rp 300.000
5 Install, Setting dan Desain Rp 500.000
6 Lain-lain Rp 350.000
Jumlah Biaya Rp 2.650.000

Jadi kira-kira seperti itulah biaya yang kita butuhkan. Sekali lagi tergantung apa yang kita butuhkan akan mengiringi komponen biaya yang akan timbul.

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *