web untuk rumah makan
Pentingnya Membuat Web untuk Usaha Restaurant atau Rumah Makan
October 31, 2016
Biaya membuat toko online
Berapa Biaya Membuat Web Toko Online ?
November 8, 2016

[Review] Mendapatkan Domain dan Hosting Gratis

1 juta domain

Review ini adalah kelanjutan dari artikel Cara Mendapatkan Domain Apapun Id secara Gratis dimana kini sudah lengkap dan sudah dibuatkan webnya. Intinya, cukup senang memperoleh dot co dot id dengan cara gratis dan tanpa persyaratan perijinan, setidaknya sampai saat ini tidak diminta. Entah ke depannya.

Ini adalah tahapan sebut saja review ya, biar keren dikit.

  • Pada tanggal 22 Oktober 2016, sebagaimana yang sudah disampaikan, saya mencoba mendaftar di 1juta.id, dan saat itu pula saya mendapat tanggapan lewat email bahwa pendaftaran sudah diterima namun belum bisa diaktifkan karena harus melalui verifikasi terlebih dahulu.
  • Dua hari kemudian tepatnya tanggal 24 Oktober 2016, saya mendapat surat aktivasi berikut langkah-langkah untuk login ke dashboard 1 juta dot id, dan di sinilah tahap pertama kalau domain sudah diserahkan menjadi milik saya … eh Lelly dengan nama BatikGanitri.Co.Id.
  • Dalam dashboard, ternyata terdapat kolom hosting namun semua masih kosong. Dan tidak ada link termasuk untuk mengarahkan nameserver ke hosting sehingga saya kembali harus membaca kembali ketentuan di web 1juta.id dan Pandi. Dan ternyata memang hosting harus menunggu beberapa hari, konon paling lama 10 hari kerja. Setelah membaca ketentuan itulah saya menyadari kalau domain digratiskan berikut hostingnya.
  • Jujur saja, tiap hari saya ngecek hosting ini, dengan alasan supaya segera web dibangun serta segera menuliskan pengalaman memperoleh domain ini karena konon fasilitas free ini masih menyisakan kurang lebih 700.000an. Berarti yang memanfaatkan masih sepertiganya.
  • Tepat tanggal 1 November 2016, ketika saya membuka dashboard di 1juta.id, ada perubahan kalau hosting sudah diaktifkan dengan diberikan aneka user id dan password untuk cpanel hosting, ke dashboard penyedia layanan hosting dalam hal ini saya memperoleh layanan dari Hosting Bagus. Kelihatannya Kemeninfo menyerahkan pengelolaan hosting ini kepada pihak ketiga. Terima kasih ya Hosting Bagus.

data hosting

  • Ketika awal mula saya mengetikkan batikganitri.co.id di browser, sudah terbentuk sebuah toko online mentah yang dengan CMS menggunakan Openchart. Walau saya pernah mencobanya sebagai mana saya ceritakan di 4 CMS Toko Online Yang Pernah Saya Coba, namun saya lebih memilih wordpress. Sayapun terpaksa harus ganti seluruhnya.

Nah mari kita lihat hostingnya ya ­čÖé

Hosting Gratis Dari Kemeninfo

  • Hosting yang saya peroleh seperti yang saya sampaikan adalah dari Hosting Bagus dengan masa gratis selama 1 tahun karena terlihat kelak akan ada tagihan sebesar Rp 150.000,- pada tahun 2017 jika tidak mengalami upgrade ke kapasitas hosting yang lebih tinggi.
  • Adapun kapasitas hosting yang diperoleh adalah data storage┬ásebesar 250 MB dan bandwith unmetered. Saya yakin untuk sebuah toko online, kapasitas datanya┬átermasuk kurang terlebih memerlukan gambar produk yang sangat banyak. Namun untuk awal-awal serta untuk web sederhara seperti untuk identitas, misalnya, saya pikir cukup kali ya.
  • Ketika masuk ke cpanel hosting, termasuk lengkap sebagaimana kebutuhan sebuah cpanel sebagai “kandang” web dimana file dan database ditampung di sana. Demikian pula untuk membangun sebuah web, terdapat instan web builder dengan menggunakan Softaculous yang memang sudah populer sebagaimana halnya Fantastico Deluxe dan cara kerjanyapun memiliki kemiripan.. Jadi buat pemula, kondisi ini sangat menguntungkan karena kita dapat membuat web standar dengan mudah lewat bantuan fasilitas ini.
  • Selanjutnya, masalah kecepatan nih … tinggal dirasakan saja, apakah termasuk cepat atau tidak web BatikGanitri.Co.Id ?
  • Web tersebut sementara ini tidak dibangun untuk toko online, namun hanya digunakan sebagai informasi saja. Namun demikian, lumayan juga membangunnya sampai 2 hari. Kalau dibuat toko online, mungkin sampai saat ini belum kelar dah. Tokonya saya tautkan ke BatikGanitri.Com yang menjadi toko batik online istri saya.
  • Catatan penting adalah : siapkan dana untuk upgrade jika fasilitas ini akan diaktifkan seperti blog misalnya, galeri, bahkan toko online dan yang lainnya yang membutuhkan daya tampung file dan database yang besar. Karena menurut saya kapasitas 250 MB untuk kapasitas disknya tidak akan cukup. Untuk web tersebut, yang saya buat dengan menggunakan WordPress, dengan foto yang tidak terlalu banyak dan sudah dikompres habis, belum diisi artikel blog, serta belum ada visitornya, baru ada beberapa plugin saja, sudah menghabiskan hampir 90MB. —- Bagi yang berminat membuat web atau blog dengan menggunakan wordpress, bisa dilihat video tutorial yang dapat diakses secara gratis —
  • Oh ya, dari informasi yang saya peroleh, perusahaan yang menyediakan fasilitas hosting ini juga tidak hanya satu, akan tetapi melibatkan banyak perusahaan hosting dan kita tidak bisa memilih. Semua ditentukan oleh 1juta.id. Jadi, kelak jika kawan-kawan ikut mendaftar, bisa jadi perusahaan hostingnya akan berbeda dengan perusahaan sebagaimana saya sebutkan di atas.

Itulah sedikit saya sampaikan pengalaman mendapatkan fasilitas dari pemerintah dengan perentaraan hosting dari Hosting Bagus. Bagi UKM seperti yang saya punya ini, kelihatannya ini akan sangat bermanfaat.

Kalau ada hal lain yang perlu diinfokan, nanti akan saya susulkan dalam update berikutnya.

Ayuk, manfaatkan fasilitas gratis ini untuk mengembangkan usaha kita.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *