Menu Website
Cara Membuat dan Menampilkan Menu di Web WordPress
October 28, 2016
web untuk rumah makan
Pentingnya Membuat Web untuk Usaha Restaurant atau Rumah Makan
October 31, 2016

Website Untuk Pengacara Atau Advokat, Beberapa Hal Yang Layak Dipertimbangkan

Website Untuk Advokat
Pengacara atau Advokat saat ini sangat penting untuk membuat website dan banyak sekali manfaat yang akan diperoleh baik untuk kantornya sendiri, klien atau calonnya serta pencerahan dalam bidang hukum yang ditulis dalam sebuah artikel pada sebuah blog. Informasi yang disampaikan dalam sebuah web akan mudah diakses oleh mereka yang berkepentingan tersebut.

Website adalah salah satu cara memberitahukan kepada khalayak ramai, kalau “Kami – Pengacara” hadir dengan informasi yang dapat diakses dengan mudah, baik mengetikkan url langsung, lewat mesin pencari atau link yang disematkan di dalam web lainnya.

Keuntungan Pengacara Memiliki Website

  • Memberikan informasi kalau kantor pengacara dalam web tersebut hadir dan siap untuk memberikan layanan hukum.
  • Sebagai alamat kantor di dunia maya.
  • Mendapat jalan serta promosi gratis dari mesin pencari.
  • Memberikan informasi detail tentang layanan, keahlian, team, pengalaman dalam penanganan kasus dan lainnya yang dirasa perlu.
  • Halaman kontak yang secara langsung dapat digunakan oleh visitor yang mungkin selama ini beberapa diantaranya kesulitan untuk memperoleh kontak.
  • Memberikan pendidikan melalui artikel, gambar, video dan lainnya kepada masyarakat luas melalui blog yang menjadi bagian dalam website tersebut.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Website Untuk Pengacara

Memilih Domain

lawyer domainSebagaimana yang pernah saya tulis di artikel tentang domain dan hosting, untuk web advokat atau pengacara juga dapat diberlakukan. Dot Com bagi saya adalah yang terbaik karena masyarakat luas sudah terbiasa dengan domain ini. Walaupun sekarang sudah tersedia Dot Lawyer dan Dot Attorney yang dapat digunakan. Akan tetapi lidah kebanyakan orang sudah terbiasa dengan ndot kom ini.

Nama atau alamat domain baiknya merujuk pada sebuah nama kantor dan tidak singkatan. Alasannya, lebih mudah mengucapkan nama. Terlebih namanya sudah populer. Sebuat saja jika memiliki nama Arkasala, maka akan lebih baik menggunakan arkasala.com, atau arkasalalawoffice.com.  Lain cerita jika terdapat partner yang akan dijadikan nama juga sehingga lebih dari dua kata, mungkin singkatan tidak dapat dielakan, seperti halnya nama lsmlaw.com milik Pak Todung dan kawan-kawan.

URL juga tidak menggunakan strip di tengah nama jika terdapat 2 kata. Misalnya, arkasalalaw.com lebih baik daripada dipisah menjadi arkasala-law.com.

Memilih Hosting

Baiknya memilih hosting yang tangguh dan memiliki space yang besar yang setara untuk komersil. VPS mungkin lebih baik lagi, atau bahkan Dedicated Server.

Sewalah dari perusahaan yang memang terkenal dengan reputasinya yang sangat bagus baik perusahaan lokal maupun luar negeri.

Memilih CMS

  • Banyak yang menggunakan script web khusus, namun saya lebih menyarankan menggunakan CMS seperti WordPress maupun Joomla.
  • WordPress, jangan diragukan lagi kemampuannya. Beberapa perusahaan besar menggunakan CMS ini bahkan tidak sedikit perusahaan multinasional. Perusahaan terkenal di Australia menggunakan WordPress untuk webnya.
  • Selain itu, jika menggunakan admin khusus, untuk posting di wordpress lebih mudah.
  • Demikian pula dengan Joomla. Layak menjadi pilihan walau tidak sesederhana wordpress.
  • Jika saya menyarankan, jangan khawatir degan WordPress, karena akan banyak manfaat yang diperoleh dan tampilanpun tidak kalah mewah tergantung dari themes yang digunakan.

Tampilan Web

  • Sebagai alamat kantor di dunia maya, web pengacara atau advokat baiknya berkesan lebih gagah, berwibawa dan terlihat professional. Demikian pula kerapihan, presisi, serta warna-warna yang berkarakter.
  • Navigasi yang mudah adalah sesuatu yang sangat penting.
  • Walau isi yang cenderung lebih banyak memerlukan halaman, namun penempatan harus terlihat menarik.
  • Kecepatan akses yang memang menjadi sebuah syarat baik tidaknya sebuah website.

Isi Web Pengacara atau Advokat

Isi sebuah web biasa terdiri dari page dan post. Demikian pula web untuk pengacara kelihatannya memerlukan kedua ini untuk diisi dengan berbagai informasi yang detil. Untuk Page dapat diisi dengan konten :

  • Lawyer Template

    Salah satu web template dari wordpress yang menampilkan contoh web yang baik untuk para advokat atau pengacara.

     

  • Home, menampilkan halaman bagian depan dengan beberapa keterangan yang berhubungan dengan about, aktifitas, gallery, team secara umum yang kemudian dapat ditautkan dengan halaman tertentu untuk mendapat gambaran lebih detil.
  • About, yang menerangkan tentang keberadaan, sejarah, pendiri, dan lainnya termasuk di antaranya bisa disisipkan dengan alamat fisik kantor.
  • Practice Areas, biasanya uraian layanan yang bisa diterima untuk kasus yang dihadapi oleh masyarakat, seperti misalnya Litigasi, Legal Opinion, Contract Drafting, Bankruptcy dan banyak lagi.
  • Team, dengan menampilkan partner, lawyer team dan lainnya.
  • Clients, dengan memperlihatkan para klien yang sudah dan sedang ditangani.
  • Blog, untuk memberikan informasi baik berita serta aktifitas kantor, informasi pendidikan hukum dan lainnya.
  • Contact, merupakan halaman supaya pengunjung dapat menghubungi secara langsung. Biasanya terdapat kotak isian untuk email. Demikian pula dengan nomor telpon kantor dan handphone, email, media sosial dan lainnya. Peta lokasi kantor dapat juga disisipkan pada halaman ini.

Tim Pengelola Web

Pengelola Web ini biasanya berupa pemeliharaan dan pengisian konten web dan blog. Terdapat 2 kemungkinan dalam melakukan aktifitas ini, yaitu melakukannya sendiri atau dilakukan oleh pihak ketiga.

  • Jika dikelola sendiri mungkin tidak akan jadi masalah yang terpenting adalah memahmi sedikit tentang cara posting konten baik untuk text, gambar dan video.
  • Jika dikelolah oleh pihak ketiga, baiknya diserahkan kepada mereka yang sedikit banyak mengerti tentang istilah yang ada hubungannya dengan hukum supaya konten hukum yang ditampilkan akan tampil lebih sempurna. Setidaknya tidak ada istilah salah ketik dan keliru maksud.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dalam pembuatan website untuk Pengcara atau Advokat.

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *