1 juta domain
Cara Mendapat Domain Gratis Apapun Id
October 24, 2016
Website Untuk Advokat
Website Untuk Pengacara Atau Advokat, Beberapa Hal Yang Layak Dipertimbangkan
October 30, 2016

Cara Membuat dan Menampilkan Menu di Web WordPress

Menu Website

Menu adalah salah satu bagian dari web yang tampil untuk mengelompokkan bagian dari isi dimana visitor akan mudah untuk menelusuri ketika mengunjungi web kita (navigasi menu).  Biasanya tampil di bagian atas (header), dibagian samping baik kiri maupun kanan (sidebar) maupun di bagian bawah (footer).

Kita kerap menemukan sebuah Menu dalam halaman Web menampilkan Home, Contact, Sitemap, Blog, Produk (untuk Web Toko Online), Service (untuk Web yang menggambarkan usaha dalam bidang jasa) dan lainnya. Sedangkan untuk Blog sering menampilkan beberapa kategori sesuai dengan kebutuhannya.

Menu di Header

Menu yang ditempatkan di header

Mega Menu

Mega menu merupakan menu yang tersaji dalam jumlah banyak. Salah satunya bisa dilihat di dalam sebuah web e-commerce dimana aneka produk dikelompokkan sesuai dengan jenisnya dan bertingkat menjadi beberapa tingkatan menjadi sub kelompok kecil. Menu berbentuk dropdown dan terlihat cukup/sangat banyak.

Mega Menu WordPress

Contoh Mega Menu untuk WordPress

Cara Membuat dan Menampilkan Menu

Cara membuat dan menampilkan menu, tentu saja sangat mudah. Semua fasilitas ini disediakan oleh WordPress baik menu yang sedikit jumlahnya maupun untuk mega menu. Berikut beberapa alternatif dalam membuatnya :

Auto dari sebuah Page

Jika kita membuat halaman atau page (bukan post) maka secara auto akan tampil dalam Menu. Namun saat ini kita tidak serta merta akan menampilkannya karena tergantung dari template yang memiliki fasilitas auto ini.

Membuat dari Set Menu

Caranya yaitu dengan mengetikkan Appereance –> Menu. Tampilan akan menyesuaikan dengan template yang digunakan. Melalui fasilitas ini kita lebih leluasa mengatur, menempatkan, menampilkan dan menghilangkan.

Menggunakan Plugin Mega Menu

Banyak plugin yang dapat membantu membuat Menu khususnya untuk Mega Menu sehingga kita dapat mengaturnya dengan mudah, karena banyaknya menu akan cukup memusingkan kita sebagai admin.

Plugin Mega Menu

Beberapa Plugin Mega Menu yang dapat digunakan di web yang berbasis WordPress.

Menghubungkan Link Lain Tampil di Menu

Link lain maksudnya bisa internal maupun eksternal. Internal bisa berupa halaman khusus yang ada di post, client, slider, portfolio, category post, images dan lainnya. Sedangkan eksternal dapat berupa link dari web lain baik milik kita maupun milik orang lain.

Terdapat beberapa cara untuk menampilkan link ini ke Menu, antara lain :

Buka Appereance —> Menu kemudian isikan link sebagaimana gambar di bawah.

Link Menu

Jika sudah klik add to menu untuk menempatkannya di area menu yang akan ditampilkan, kemudian setting dan isikan nama menu sesuai keinginan.

Menu Link

Selesai, kita tinggal Save Meu.

————-

Cara lainnya adalah atas bantuan plugin Page Link To jika kita memerlukan bantuan link direct dari halaman page. Ini memang sedikit lebih ribet.

Jika Plugin Page Link to sudah aktif maka kita tinggal membuat Page seperti biasa, kemudian lihat di bagian paling bawah akan menemukan kolom seperti gambar di bawah ini :

Plugin Page Link To

Setelah isi dengan link yang kita inginkan, tinggal publish saja.

Kemudian lihat di bagian Appereance Menu, pada page akan muncul secara auto. Kemudian centang  lantas klik add to menu sehingga akan muncul di menu area dan tempatkan sesuai dengan urutan yang kita inginkan dengan cara drag and drop. Jika sudah selesai tinggal klik Save.

Demikian pula untuk Category baik untuk post, product, portfolio dan lainnya, kita bisa melakukan hal yang sama. Ada pilihan untuk link category di Appereance –> Menu. Atau dapat juga menggunakan plugin Page Link To yang memang terlihat lebih ribet.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *