Woocommerce
Cara Membuat Toko Online dengan WordPress
October 23, 2016
Menu Website
Cara Membuat dan Menampilkan Menu di Web WordPress
October 28, 2016

Cara Mendapat Domain Gratis Apapun Id

1 juta domain

Siapa yang tidak senang mendapat domain dambaan gratis dengan cara yang sangat mudah, walau prosesnya tidak sekilat membeli dot com di luar negeri. Saya ikut senang. Mendapat domain gratis terlebih dengan ekstensi dot co dot id seakan mengembalikan dulu yang pernah hilang.

Kemeninfo –¬†Kementerian Komunikasi dan Informatika, bekerja sama dengan Pandi memiliki program membagikan domain apapun id untuk seluruh masyarakat Indonesia. Bagi pengusaha, hanya ditujukan kepada UKM. Bagi lembaga seperti pesantren, desa dan lainnya juga disediakan domain dengan ekstensi dot desa dot id, sekolah dalam bentuk sch.id, komunitas, dan kelihatannya apapun id disediakan. Terlihat untuk perorangan juga disediakan my dot id.

Awalnya mas VJLie yang mengingatkan saya kalau program ini baru diisi sekitar 300ribuan peminat domain. Informasi ini menggerakkan saya untuk mencoba registrasi. Kebetulan saya minat untuk mengembalikan BatikGanitri dot Co dot Id ke pangkuan Lelly. Ternyata caranya mudah.

Cara Mendapat Domain Gratis Apapun Id

  • Langkah pertama, kawan-kawan dapat mengunjungi 1 juta id kemudian siapkan nama untuk melihat ketersediaan domain dengan memilih ekstensi yang tersedia dalam pilihan untuk dicentang. (Sebagai catatan langkah ini saya lakukan pada tanggal 22 Oktober 2016)
  • Jika masih available dan cocok, langsung saja centang dan masuk ke kolom registrasi. Dalam proses ini kita diminta untuk mengisi segala identitas kita seperti nama, alamat, nomor telpon, kodepos, dan lain-lain. Semua harus diisi dengan lengkap dan benar.
  • Selesai mendaftar kita akan mendapat email verifikasi namun belum bisa login. Sabar yah … harus nunggu .. baiknya gak usah ditunggu. ;))
  • Besoknya tanggal 23 Oktober, baru kembali mendapat email susulan kalau kita sudah disetujui dan dapat login ke akun sesuai dengan yang telah didaftarkan. Kawan-kawan bisa masuk melalui daftar.1juta.id atau masuk ke hompage kemudian klik daftar. Kita tidak perlu lagi registrasi namun tersedia kolom login. ————sempat lupa password saya di langkah ini he he ———-
  • Setelah login terlihat domain yang sudah kita pilih tampil dengan jelas, kita klik saja untuk berselancar melihat isi atau keterangan lainnya, siapa tahu ada gratisan lainnya lagi .. wkwkwkwk.

domain gratis

  • Sayangnya ketika saya coba utak-atik dan klik sana-sini, domain ini belum bisa terakses sempurna karena hosting yang juga disediakan gratis belum bisa kita peroleh. Hal ini terlihat karena data hosting masih kosong. Demikian pula ketika saya mencoba ingin melihat name servernya belum bisa ditemukan. Tak apa, namanya gratis kita harus bersabar ya. (Kelak saya update bagian ini jika ada informasi susulan lebih lanjut).
hosting gratis

Masih menunggu hostingnya.

Jika teman-teman berminat untuk membuat sebuah web dan mengenalkan produk apapun, maka tidak salahnya untuk tidak menyia-nyiakan program pemerintah ini. Masalah bikin webnya, jika kawan-kawan masih awam atau belum kenal cara membuat web, kawan-kawan dapat mengikuti buku dan video yang ada di sini. Atau jika kawan-kawan tidak punya waktu, boleh lah saya bikinkan ….¬†Masalah tarif, cincai lah!! ;))

Update berupa Review bisa di lihat di artikel :  [Review] Mendapatkan Domain dan Hosting Gratis

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *