Security Wordpress
Mengamankan Login ke Dashboard WordPress
October 21, 2016
Woocommerce
Cara Membuat Toko Online dengan WordPress
October 23, 2016

Cara Membuat Email Domain Sendiri dan Mengakses Webmail

email domain sendiri

Memiliki email dengan domain sendiri mungkin sedikit lebih bergengsi keknya dan ternyata untuk membuat dan mengaksesnya sangat mudah, yaitu dengan Webmail. Tentu saja ini berlaku jika kita sudah memiliki web dengan domain dan selfhosting.

Ohya, sebagaimana kita ketahui banyak perusahaan yang memiliki kontak email dengan nama web perusahaan. Namun tidak sebatas itu, domain pribadipun bisa dibuat email dengan mudah. seperti misalnya yayat@ganitri.com, atau rumusnya emailanda@namadomain.com. Lebih asyik dan bangga keknya.

Cara Membuat Email Domain Sendiri

Dalam tutorial ini saya mencoba dengan menggunakan perantaraan cpanel. Jadi pastikan terlebih dahulu kita memiliki cpanel ketika membeli domain dan hosting. Mari kita mulai, dan berikut langkahnya untuk membuat email tersebut.

  • Login ke cpanel melalui http://namadomain.com/cpanel, kemudian masukan user dan password.
  • Carilah email icon yang ada pada halaman utama cpanel dan biasanya bertuliskan Email Accounts, kemudian klik icon tersebut sebagaimana gambar di bawah.

Membuat Email Domain Sendiri

  • Setelah diklik, maka akan terbuka halaman berupa kolom isian registrasi email, kemudian tinggal diisi sesuai dengan nama kita. Berikut adalah contohnya.

Membuat Email di Cpanel

⇒ Isi Email dengan nama yang diinginkan. Contoh di atas diisi dengan –> yayat.

⇒ Isi password yang mudah diingat, gabungan angka dan huruf atau kode lain pada kolom Password.

⇒ Ulangi isi password yang sama pada kolom Password (Again)

⇒ Setelah selesai, klik Create Account.

  • Setelah selesai maka kita sudah memiliki email dengan domain sendiri.

Mengakses Webmail

Untuk membuka dan mengirim email, supaya tidak melalui cpanel, maka kita dapat mengaksesnya melalui webmail. Caranya adalah dengan mengetikkan di browser http://domainanda.com/webmail. Maka akan terbuka halaman seperti ini :

Mengakses Webmail

Selanjutnya tinggal mengetikkan email yang sudah di buat di atas berikut passswordnya sesuai dengan kolom yang tersedia. Maka akan terbuka pilihan untuk mengaksesnya. Biasanya ada 3 pilihan sebagaimana gambar di bawah, dan kita dapat memilih sesuai dengan keinginan.

webmail

 

Kita dapat memilih Horde, Roundcube atau SquirrelMail dengan cara mengklik salah satunya, kemudian akan terbuka halaman email seperti biasa, dimana kita bisa membuat atau mengirim email, menerima serta setting seperti misalnya untuk forwarding dan pengelompokkan email ke dalam folder, dll.

Tampilan Webmail

Tampilannya agak kurang oke ya … Ini ada salah satu cara untuk membuat lebih oke … yakni :

Mengakses Email dengan Microsoft Outlook.

Selain dengan menggunakan Webmail, email dengan domain sendiri juga dapat diakses dengan menggunakan Microsoft Outlook yang biasanya sudah terintegrasi dengan Microsoft Office. Logonya seperti di bawah ini :

Microsoft Outlook

Caranyapun sangat mudah. Kita tinggal klik Start –> MS Office –> MS Outlook, makan akan terbuka wizzard untuk setting. Kita tinggal masukan email yang sudah kita install, kemudian isi beberapa kolom isian sebagaimana gambar di bawah ini :

Microsoft Outlook

Selanjutnya tinggal next .. next .. yess saja … maka selesai dan sudah bisa diakses sebagaimana gakbar di bawah ini :

Akses email

Terlihat banyak sekali komponen yang bisa kita eksplore untuk membuat kemudian mengirim email sebagaimana yang kita inginkan.

Sekarang kita sudah memiliki email dengan domain sendiri dan bebas kita mengaksesnya baik lewat Webmail maupun Microsoft Outlook. Asnik, Kan ?

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *