Mengetahui Jenis Huruf Web
Cara Mudah Mengidentifikasi Bentuk Huruf atau Fonts
October 10, 2016
email domain sendiri
Cara Membuat Email Domain Sendiri dan Mengakses Webmail
October 22, 2016

Mengamankan Login ke Dashboard WordPress

Security Wordpress

Banyaknya web yang kena bobol membuat kita was-was sehingga perlu untuk membuat lankah pengamanan, salah satunya adalah mengamankan login ke dashboard wordpress jika kita menggunakan CMS tersebut. Langkah ini kelihatannya di beberapa CMS lain juga bisa diperoleh seperti di Joomla misalnya, saya pernah menggunakan dengan menggunakan ekstensi tertentu.

Untuk wordpress dimana biasanya untuk masuk ke dashboard atau backend menggunakan URL : http://www.namadomain.com/wp-admin, maka kita bisa merubahnya dengan http://www.namadomain.com/kukuruyuk misalnya. Bebas kita menentukannya.

Langkah-langkah melakukan perubahan tersebut, kita dapat menggunakan plugin All in One WP Security & Firewall yang dapat melakukan pencegahan segala gangguan keamanan dengan mudah. Berikut caranya. (Nambah lagi nih plugin penting sebagaimana sudah saya sampaikan di artikel sebelumnya).

Mengamankan Login ke Dashboard WordPress

Masuk ke halaman dashboard wordpress lantas dapat mencari plugin gratis tersebut melalui plugin —> add plugin, kolom search isi dengan nama plugin seperti tersebut diatas, kemudian install dan aktifkan sebagaimana gambar di bawah.

All in One WP Security

Lihat sidebar sebelah kiri maka akan muncul WP Security sebagaimana gambar di bawah, kemudian klik dashboard.

pengaman wordpress

Tugas kita adalah membuat hijau atau on dari kondisi yang off atau merah dan jarum meteran akan naik jika kita melakukannya beberapa langkah pengamanan dengan sukses.

Indikator Pengamanan WordPress

 

Untuk indikator warna sebagaimana gambar di atas jika di klik satu-satu, maka akan muncul sebuah pengaturan yang akan disesuaikan. Jika tugas kita sempurna maka nilai seperti misalnya 0/20 maka akan menjadi 20/20.

Berikut adalah beberapa gambar jika kita membuat pengaturan sebagaimana yang direkomendasikan :

screenshot_5

Jadikan login lockdown menjadi 20/20 dengan cara seperti gambar di atas dari dashboard yang bergambar merah untuk menjadi hijau.

set recomendation

Untuk tombol merah kedua di dashboard, langkah ini tinggal klik yang direkomendasikan.

klik saja

Langkah ini juga mudah tinggal mengklik supaya dapat point keamanan yang sempurna.

Langkah tersebut di atas adalah langkah untuk mengubah warna merah menjadi hijau.

Selanjutnya adalah langkah untuk merubah ketika masuk ke dashboard atau login, yakni mengganti wp-admin menjadi apa yang kita inginkan. Caranya adalah sebagai berikut :

Klik Brute Force, maka kita, kemudian centang yang untuk permisi melakukan perubahan, isi kolom namadomain.com/ dengan nama yang kita inginkan. Misalnya sebagaimana gambar di bawah. Jika sudah selesai maka tinggal klik save setting.

screenshot_10

Langkah pengamanan sudah lumayan. Hasilnya bisa dilihat di dashboard tentang perubahan yang dilakukan.

Mengamankan Dashboard WordPress

Jangan lupa sekarang untuk login sudah berubah, yang awalnya misalnya http://namadomain.com/wp-admin menjadi http://namadomain.com/kukuruyuk misalnya, sekali lagi terserah namanya sesuai dengan yang diinginkan dengan catatan mudah diingat tentunya.

Untuk meningkatkan indikator sampai nilainya lebih sempurna, banyak yang bisa dieksplor sesuai dengan sejauh mana tingkat keamanan yang kita inginkan. Untuk sementara ini bagi saya sedemikian sudah dirasa cukup.

Semoga berkenan.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *