Cara Membuat Website dan Blog dengan Mudah – Video
May 16, 2016
CMS untuk Toko Online
4 CMS Toko Online Populer yang Pernah Saya Coba
October 7, 2016

Memilih Themes WordPress Yang Tepat

Memilih Themes Yang Tepat

Pada dasarnya memilih themes yang tepat ini tidak ditujukan untuk wordpress saja, akan tetapi bisa berlaku juga untuk blogspot, joomla atau untuk cms lain seperti untuk toko online semisal Prestashop, Meganto, Opencart dan lainnya.  Demikian pula untuk web forum memiliki aneka rupa theme dengan berbagai feature pilihan yang menarik.

Ketika pertama kali ngeblog, saya biasanya mengumpulkan segala macam themes yang menarik dari sisi luar, akan tetapi mengalami kekecewaan setelah melalui proses instalasi. Ini karena kebiasaan yang kelupaan untuk melihat feature. Terlebih sekarang, perkembangan sangat pesat, banyak sekali penyesuaian selain dari tampilan, terutama mobile friendly atau responsive themes, dimana web kita bisa dengan leluasa menyesuaikan layar ketika dibuka di sebuah gadget seperti handphone atau tab.

Namun, tetaplah ibarat mata yang kerap terkesima sesuatu yang indah, maka biasanya kita mengukurnya dari keindahan tampilan serta kerapihan dan kejernihan (clean) atau tidaknya sebuah themes.

Memilih Themes

Berikut saya mencoba merangkum beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih sebuah themes yang akan digunakan untuk sebuah web atau blog.

Bagus, Rapi, Indah dan Bersih.

Ini adalah yang utama yang biasanya saya pertimbangkan. Terima kasih saya sampaikan kepada mereka yang telah membangun sebuah themes yang memenuhi kriteria ini. Bagus menurut ukuran saya tentunya, demikian juga rapi, indah dan bersihnya sangat subyektif untuk dinilai.

Konon hal ini juga menunjukkan sebuah karakter. Terutama dalam hal pilihan warna. Namun demikian, layar atau backround putih banyak sekali direkomendasikan oleh sebagian besar para webmaster mengingat akan memberikan kenyamanan dalam hal pandangan alias tidak membuat lelah mata para pengunjung.

Gratis, Berbayar (Premium) atau Custom.

Themes gratis sangat bertebaran untuk hampir semua CMS terlebih wordpress yang sangat bejibun. Saya sendiri lebih menyukai mengambil yang gratisan ini di situs resminya. Banyak kok yang bagus. Kelemahannya hanya feature yang terbatas, seperti slider misalnya. Sangat jarang yang memberikan full feature seperti untuk mengubah font tanpa coding, warna yang leluasa serta feature lainnya yang memberikan keleluasaan kita untuk menempatkan atau memberikan sajian yang lebih kepada pengunjung.

Themes Premium lebih leluasa kita gunakan dan biasanya memiliki feature yang lebih luas selain tampilan yang cantik dan bersih. Support juga diberikan ketika kita kesulitan untuk instalasi dan settingnya. Bahkan kita leluasa untuk dapat digunakan proyek komersial seperti untuk klien, misalnya, tergantung perjanjian dan bagian yang mana kita membeli themes tersebut.

Themeforest

Themeforest, salah satu marketplace terbesar di dunia. Beragam themes indah dan unik bisa diperoleh di sini.

Themes Custom adalah sebuah themes ekslusif yang hanya dimiliki oleh kita sendiri. Feature tergantung yang kita inginkan. Semakin banyak akan semakin mahal. Kelebihannya adalah kesesuaian themes yang dipesan dengan apa yang kita minta. Biasanya lebih mahal dibanding dengan premium walaupun bisa jadi dari sisi feature lebih terbatas.

Responsive Themes

Responsive Themes

Feature responsive themes adalah dapat menyesuaikan dengan aneka bentuk dan besar layar tempat membuka web atau blog.

Saat ini responsive theme adalah sebuah feature wajib. Perangkan untuk membuka web tidak hanya komputer dan laptop akan tetapi juga handphone atau smartphone dan tab. Jika web kita ingin dilihat lebih leluasa melalui beragam alat atau gadget, maka suka atau tidak suka fasilitan responsive ini harus tersemat dengan sempurna di theme s yang akan kita pilih.

Multipurpose Themes

Themes ini akan leluasa untuk dibentuk sesuai dengan kebutuhan seperti untuk blog, web berita, magazine, toko online, pribadi, business dan sebagainya. Avada dan BeTheme yang populer di salah satu marketplace terbesar yakni Themeforest adalah 2 dari sekian themes yang memiliki feature melimpah dan dapat dibentuk untuk segala bentuk blog atau web. Bahkan Betheme memiliki ratusan sample yang dapat kita tiru dengan mudah.

Kesesuaian dengan fungsi

Biasanya theme ada yang tidak kompatibel dengan seri dari mesin cms terbaru atau dengan ekstensi seperti plugin yang kita butuhkan. Inilah yang wajib diperhatikan karena jika tidak sesuai apalagi yang berbayar misalnya, maka akan sia-sia atau fungsinya tidak akan maksimal.

Kecepatan Akses

Kecepatan sangat penting supaya pengunjung tidak tersiksa ketika membuka web kita. GtMetrix dan Pingdom.COm adalah dua diantara sekian banyak web yang dapat mengetest sejauhmana web memiliki kecepatan yang baik. Nilainya dalam skala 100. Yang terbaik adalah web kita memiliki kecepatan di atas 85. Themes memiliki kontribusi yang cukup besar untuk menentukan kecepatan akses sebuah web/blog.

Keseluruhan feature tersebut biasanya dicantumkan dalam sebuah detail themes yang akan ditawarkan baik yang gratis maupun yang berbayar. Kita yang harus cermat melihatnya lantas memilihnya sehingga akan tampil sempurna dan kita puas menggunakannya.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *