wordpress plugin
[Video] Memahami, Install dan Cara Setting Plugin WordPress yang Penting
March 1, 2016
Audio Sauna
[Video] Cara Mendapatkan Sound Effect Pengisi Suara Video
March 2, 2016

Apa yang Bisa Ditulis di Blog ?

Menulis di Blog

Tangkaplah ide sebelum ide itu pergi“, kalimat yang sering didengar. Mirip dengan jangan menyia-nyiakan kesempatan karena kesempatan akan datang sekali. Atau ada juga yang bilang, tulislah apa yang ingin ditulis dan ada di pikiran saat itu, karena blog adalah media personal yang kita bebas memperlakukannya, diisi sesuai dengan kehendak kita.

Sangat tidak keliru dan tanpa kecuali kalau ketiga saran di atas adalah benar. Blog merupakan catatan pribadi yang dipublikasikan di dunia maya, tak ada ketentuan apapun tentang materi tulisan, semua bebas untuk posting konten baik tulisan, gambar atau foto maupun video.

Belakangan setelah kita cukup lama berkecimpung di alam blogosphere, kita menjadi semakin terasah dan bahkan terarah. Saya mulai menata berdasarkan topik untuk meraih visitor tertentu. Mulai riset kecil-kecil melalui tools yang bertebaran dan diperoleh baik gratis maupun berbayar, dan semua tidak lain untuk membuat blog lebih berkualitas. Tidak hanya catatan. Kalaupun punya catatan pribadi dibuat di blog khusus. Sudah mulai memperbanyak blog. Istilah blogger adalah ternak blog.

Traveling

Traveling dan menceritakan sebuah kota, salah satu topik populer. Foto : koleksi pribadi.

Blog Pribadi

Tidak sedikit blogger yang menceritakan keseharian atau kegiatan pribadinya dalam sebuah blog yang mereka buat. Mereka menjelaskan tentang mengasuh anak, arisan, kegiatan pekerjaan, memasak dan yang lainnya. Campur aduk, sehingga kerap disebut blog gado-gado. Lantas berkembang ketika banyak blogger dan visitor yang melirik blognya karena mereka tertarik dengan cerita. Keinginan menitipkan review sebuah produk rumah tangga misalnya atau keinginan hanya menempelkan banner sebuah iklan.

Blog pribadi dapat berkembang ke arah yang lebih baik dan banyak yang menyukainya. Mereka yang sering berkunjung adalah yang menginginkan atau mencontoh ketika permasalah yang timbul ketika berkegiatan. Melihat keceriaan dan ingin terlibat dalam komunikasi intensif dalam kolom komentar yang disediakan.

Saya kerap menemukan semacam studi perbandingan. Seperti sebuah kasus cerita tentang sekolah anaknya. Sekolah A dan sekolah B dibandingkan dan menjadi diskusi menarik dalam sebuah blog.

Blog Bisnis dan Niche Blog

Gairah menulis berdasarkan hobby kerap ditemukan dalam model blog ini. Mereka menulis kegiatan dan tips-tips atas aktivitas supaya berhasil dengan lebih baik. Von Wong adalah sebuah contoh blog fotografi yang menarik. Setiap kegiatan diceritakan dalam bentuk tulisan, foto dan video. Dia membuat konten yang sangat apik dan direncanakan dengan baik sehingga pengunjung terpuaskan oleh suguhan konten yang selalu bermanfaat.

Dalam blognya, Von Wong menyisipkan informasi produk yang digunakan setiap pemotretan, lantas ditautkan ke sebuah toko online dalam bentuk link affiliasi.

Suguhan artikel yang lebih fokus pada kegiatan tertentu banyak dibuat untuk blog bisnis. Von Wong menyatukannya dengan apik antara blog tips, personal branding dan blog bisnis online.

Blog Perusahaan

Perusahaan melirik blog untuk memberikan detil produk dan aktifitas perusahaan dan pemasaran. Bahkan tidak sedikit yang melibatkan blogger lain untuk memasarkan produk dan blognya.

Blog perusahaan bisa memberikan keuntungan berupa feedback langsung dari konsumen atau pelanggan. Komunikasi menjadi terjalin bahkan dapat membentuk pelanggan evangelist. Keterbukaan perusahaan untuk point tertentu akan disenangi oleh pengunjung. Blog menjadi salah satu pilihan karena admin blog dapat menulis dan berkomunikasi secara intensif.

Ketiga point di atas, search enggine dan media social dengan pengguna yang lebih luas sangat membantu mereka. Search engine dan media sosial menjadi pemasar terbaik baik blog-blog yang dibuat.

Jadi apa yang ditulis di blog supaya hasilnya effektif ?

Tentu saja menulis apa saja yang menjadi pilihan dan tujuan kita beraktifitas di dunia blogging. Tulisan yang baik dan bermanfaat dengan sentuhan yang ramah terhadap pembaca dan search engine atau SEO, akan mendatangkan visitor dan mereka akan menyukainya.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *