Google Webmaster tools
[Video] Cara Verifikasi Google Webmaster Tools dan Membuat Sitemap Blog WordPress
February 24, 2016
biaya
[Video] Perkiraan Biaya untuk Membuat Blog
February 25, 2016

Platform Blog atau Blogware Terbaik

Cms

Pertama kali ingin memiliki blog, saya dikenalkan dengan Joomla pada tahun 2009 lalu dalam sebuah buku karangan Adi Baskoro ketika saya jalan-jalan ke toko buku Gramedia di Surabaya. Secara pelan-pelan saya mencoba mempelajarinya lebih jauh. Setahap berhasil membentuk sebuah blog dan mendapat sebuah kesenangan, kemudian dilanjutkan dengan tahap yang lain yang lebih rumit. Joomla memang memberikan fasilitas yang lebih lengkap untuk sebuah web dan blog. Sangat menarik.

Belakangan, dalam sebuah komentar, pengunjung blog saya menyarankan untuk mengenal wordpress supaya mereka mendapat kemudahan dalam berkomentar. Sayapun mengikutinya dan sampai saat ini beberapa blog yang saya miliki menggunakan CMS wordpress termasuk blog ini.

Seiring perkembangan saya mengenal CMS, sayapun dikenalkan oleh beberapa platform blog yang tidak kalah menariknya untuk dijadikan senjata andalan dalam blogging.

Platform Blog atau Blogware yang saya kenal antara lain :

Joomla

JoomlaSebagaimana saya sampaikan di atas, Joomla adalah Content Management System yang pertama saya kenal dan bisa digunakan untuk membuat blog. Platform ini memiliki aneka fitur yang kaya dan termasuk mudah dioperasikan. Tampilan dashboard yang mewah dan lengkap menunjukkan bahwa Joomla memang serius untuk dijadikan andalan terutama untuk web-web professional. Tidak sedikit perusahaan besar menggunakan CMS ini termasuk digunakan untuk portal berita oleh sejumlah media.

Joomla memiliki ekstensi yang banyak pilihan sesuai kebutuhan. Bentuknya berupa modul, component dan plugin. Memang lebih komplek namun hasilnya sangat memuaskan. Agak sedikit ribet memang dibanding wordpress atau blogspot. Ekstensi untuk blog sangat lengkap, seperti comment, chat, shoutbox, sitemap dan lainnya ditampilkan lebih mewah dan eksklusif. Terlebih kita menggunakan ekstensi yang berbayar.

Ketika tulisan ini dibuat, Joomla sudah memasuki versi 3.4.6, dimana ketika dulu saya mulai mengenalnya bermain-main di versi 1.5.6.  Layanan joomla ini hanya bisa digunakan dengan menggunakan domain dan selfhosting.

Blogger atau Blogspot

Platform ini banyak sekali digunakan oleh blogger di Indonesia. Pengoperasian yang lebih sederhana dan mudah menjadi daya tarik tersendiri, terlebih blogspot dimiliki oleg Google, pemilik mesin pencari terbesar sejagat maya.

Blogspot dapat digunakan secara gratis dalam bentuk subdomain tanpa perlu memiliki hosting sendiri namun dapat diintegrasikan dengan domain yang kita pilih atau TLD.blogspot

Beberapa fitur untuk blog tidak kalah menariknya dan cukup lengkap. Follower dari komunitas pengguna serta data blog yang diikuti merupakan daya tarik tersendiri disamping beberapa fitur dasar untuk blogpost, link dan komentar. Demikian pula dengan template dari pihak ketiga yang mudah diaplikasikan. Hanya perlu copy paste code ke dalam kolom perubahan template kita sudah bisa membuat rumah blog menjadi fresh sesuai dengan yang kita inginkan.

Selain itu, blogspot juga memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk monetize blog seperti untuk adsense misalnya, yang juga dikelola oleg Google.

WordPress

wordpress pluginPlatform ini sama populernya dengan blogspot sebagai CMS yang digunakan untuk blog. Terdapat dua pilihan, yakni versi layanan gratis di wordpress.com dengan kapasitas yang cukup lebar seperti halnya blogspot, atau dengan hosting dan domain sendiri dimana mesinnya bisa kita unduh dengan gratis di wordpress.org.

Pilihan pertama melalui wordpress.com memang agak terbatas. Sedangkan pilihan kedua memiliki fleksibilitas yang tinggi dan sangat disukai oleh mereka yang blognya digunakan untuk bisnis.

Plugin-plugin yang disediakan oleh pengembang dari pihak ketiga, selain banyak juga mudah diperoleh baik gratis maupun berbayar. Demikian pula dengan template, para kreator tak henti memberikan yang terbaik untuk digunakan para pecinta wordpress.

Tumblr

tumblrPlatform inilah yang sedang kami gunakan team Ganitri.Com sebagai salah satu blog peraih visitor. Tumblr memiliki keistimewaan tertentu karenaTumblrEdit banyak member yang menyukai terutama untuk style life. Perbedaan dengan platform lainnya adalah terletak pada komentar dimana mau tidak mau kita harus login dan terdapat proses reblog. Terlihat ada perpaduan antara blog dan media social seperti instagram.

Featurnya pun cukup menarik, seperti html view dimana kita leluasa untuk membuat sebuah format konten melalui proses coding, serta mudah dalam hal posting text, photo maupun video.

Tumblr juga dapat digunakan secara gratis atau dimiliki dengan menggunakan domain pilihan kita.

Medium

00-medium-2-logoMedium memiliki ruang yang bersih. Pengoperasiannya mirip dengan tumblr. Beberapa blogger Indonesia sudah terlihat menggunakan platform blog yang masih baru ini. Kelak sayapun akan coba membahasnya lebih jauh karena sejujurnya saya sedang tertarik untuk menggunakan medium karena beberapa kali tim kami di Gresik kerap menemukan artikel berada di halaman pertama google untuk keyword dengan pencarian sedang.

Squarespace

 

SquarespaceTampilan yang mewah sangat menggugah untuk memilikinya. Platform ini kelihatannya cocok untuk dijadikan website perusahaan dan fotografer karena fasilitas untuk itu sangat mendukung. Sayangnya platform ini adalah berbayar, namun dapat dibayar secara bulanan.

Lantas Manakah Platform Blog Yang Terbaik ?

Mempelajari fitur-fitur yang tersedia dan disesuaikan dengan kebutuhan adalah pilihan terbaik. Saya sendiri sedang menggunakan semuanya dan kelak sejauhmana kelebihan dan kekurangannya akan disampaikan di blog ini.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *