Menulis di Blog
Apa yang Bisa Ditulis di Blog ?
March 1, 2016
Canva
Desain Gambar Sendiri dengan Mudah di Canva.Com
March 13, 2016

[Video] Cara Mendapatkan Sound Effect Pengisi Suara Video

Audio Sauna

Membuat video tanpa suara bisa jadi akan garing, sound effect adalah salah satu yang kerap dijadikan pengisinya dan cara mendapatkannya cukup mudah serta bertebarangan di dunia maya.

Audio Sauna

Terinspirasi dari istilah intro video, saya mencoba untuk selalu menyisipkan pembuka pada setiap video yang ditayangkan. Dari mulai lagu yang tersemat langsung atau bawaan di animasi white board misalnya, atau beberapa yang bisa diperoleh melalui pihak ketika yang membolehkan kita untuk menyematkannya di blog.

Berikut adalah beberapa alternatif cara mendapatkan sound effect :

  • Pertama adalah dari youtube atau web suara lain yang membolehkan kita mengambil suaranya. Dengan keyword free sound effect maka akan muncul banyak penawaran. Konsekuensinya adalah ada baiknya kita memberi kredit dalam video tersebut atau link ke web atau youtube mereka.
  • Kedua adalah tersemat atau terinsert sendirinya dalam software pembuat video karena mereka memiliki galeri sound yang melimpah sebagai fasilitasnya perti gambar.
  • Membuat sendiri dengan hardware seperti keyword, analog synthesizer, namun tentu saja ini adalah sangat mahal sekali dan hanya mereka penggiat musik yang memilikinya. Beberapa para sound kreator terjun langsung ke alam untuk merekam seperti suara aliran air sungai, hujan, suara gemuruh dan lainnya.
  • Sound effect berbayar yang juga banyak bertebaran di internet.
  • Membuat sendiri melalui virtual sound sampling sebagaimana yang saya coba buat di bawah, kebetulan ada pihak yang menyediakan, dua diantaranya adalah Audio Sauna dan WD-1 DJ Trainer. ┬áVideo di bawah ini adalah salah satu contoh :

Adapun proses merekam suara jika mengambil di internet tersebut supaya dapat tersimpan di komputer kita adalah sebagai berikut :

  • Mereka ada yang menyertakan link download lantas sebagai imbal baliknya kita harus registrasi dan memberikan link kepada mereka. Link download ini kerap disediakan pula untuk sound yang kita peroleh secara berbayar.
  • Proses merekam baik melalui media screen video recording seperti Flash Back Recorder atau sound editor seperti Audacity atau Presonus yang software tersebut bisa diperoleh secara gratis di sumbernya langsung.

Lantas bagaimana cara menggabungkannya dengan video ?

Jawaban ini lain kali saya coba praktek tersendiri ya, karena lebih mantap juga jika ditayangkan lewat video.

Mohon jika ada teman-teman yang memiliki sumber informasi lain tentang Cara Mendapatkan Sound Effect Pengisi Suara Video dan mohon masukannya.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *